Wajib Tahu! Cara Kelola Uang Pakai Dompet Digital Supaya Tak Boros

Anisa Ind - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 05:30 WIB
Ilustrasi e wallet
Foto: shutterstock
Jakarta -

Mengelola uang di era digital dengan adanya e-wallet atau dompet digital semakin mudah. Apalagi dengan adanya program uang kembali (cash back), masyarakat tanpa pikir panjang mengeluarkan uang yang ada di aplikasi tersebut.

Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan saat ini stigma masyarakat bahwa uang di dompet digital harus habis. Inilah pertama yang harus diubah agar uang di dompet digital bisa bertahan lama bahkan bisa sebagai alat untuk menabung.

"Sebenarnya bukan boros, tapi itu adalah mindset kita, pola pikir kita ketika kita transfer uang dari rekening kita ke e-wallet itu kita menganggap uang kita sudah hilang. Sehingga uang yang ada di e-wallet itu berasa kayaknya mendingan dihabisin. Padahal saya sebenarnya menggunakan e-wallet malah buat nabung," kata Aidil dalam bincang Anti-boncos saat New Normal melalui live di Instagram @detikcom, Selasa (30/6/2020).

Aidil membeberkan cara agar bisa menabung di dompet digital. Yakni sering diisi namun dipakai hanya ketika ada promo.

"Saya jarang pakai e-wallet kalau nggak butuh-butuh amat. Jadi kadang-kadang e-wallet saya isi yang satu Rp 300.000, yang satu Rp 500.000, berarti ada Rp 800.000 e-wallet saya. Yang harus diubah pola belanja dengan e-wallet itu adalah pakai e-wallet kalau ada butuh dan promo. Kalau nggak ada promo nggak usah pakai e-wallet, tetap transaksi menggunakan debit atau transfer," sarannya.

Lalu, bagaimana jika menggunakan dompet digital sudah menjadi aktivitas sehari-hari?

Kalau begitu, menurut Aidil, uang jajan harus dipindahkan ke dompet digital dan beralih fungsi seperti kartu debit di atas.

"Kalau memang sudah hidupnya mau nggak mau harus pakai e-wallet misalnya ke kantor pakai ojek online, ke mana-mana harus pakai tap tap tap. Kalau gitu berarti mungkin uang jajan pindahin semua, e-walletnya memang berfungsi seperti kartu debit kamu," tuturnya.



Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)