Tips Atur Duit Supaya Nggak 'Boncos' saat New Normal

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 06:17 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat kondisi finansial sebagian besar masyarakat menjadi tak menentu. Banyak pengeluaran baru maupun pengeluaran bulanan yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perencana Keuangan Aidil Akbar mengingatkan masyarakat bahwa dalam kondisi ini akan banyak pengeluaran tambahan untuk kesehatan seperti masker, hand sanitizer, hingga vitamin. Untuk itu, masyarakat harus pintar-pintar melihat pengeluaran apa yang bisa dikurangi saat kondisi new normal ini.

"Ini masih belum, hanya baru tahapan pelonggaran PSBB jadi sebenarnya kondisinya masih harus tetap waspada. Oleh sebab itu akan banyak pengeluaran yang tanda kutip harus waspada juga, jangan senang-senang dulu," kata Aidil dalam bincang Anti-boncos saat New Normal melalui live di Instagram @detikcom, Selasa (30/6/2020).

Jika Anda masih bekerja di rumah (work from home/WFH), pengeluaran bisa dikurangi dari uang transportasi yang biasanya harus ke kantor.

"Transportasi yang masih semi WFH itu masih bisa berkurang. Biasanya yang berhubungan sama pekerja kantoran itu yang masih bisa dikurangi kalau dia masih WFH," tuturnya.

Mengingat kondisi seperti ini, Aidil menyarankan agar masyarakat mengurangi makan di luar dan membawa bekal makanan dari rumah selama new normal. Selain untuk menakan pengeluaran, cara ini untuk memastikan makanan yang dimakan terjamin kebersihannya.

"Bukan nggak mau membantu perekonomian tapi untuk menjaga kebersihan. Orang-orang bilang lebih baik bawa bekal, sendok, garpu sendiri dari rumah agar tidak nyampur sama orang," ucapnya.


Untuk mengurangi pengeluaran saat 'nongkrong' dengan teman, Anda bisa menekan pengeluaran dengan cara makan di rumah sebelum berangkat. Dengan begitu, pengeluaran saat 'nongkrong' bisa berkurang karena kemungkinan hanya memesan minuman.

"Kalau mau kemana-mana makan dulu di rumah, jadi saat nongkrong tinggal minum saja. Kalau makan di cafe kan bisa 2-3 kali lipat pengeluarannya. Jadi keluar uang seminimal mungkin saat ke luar sama teman-teman," imbuhnya.



Simak Video "Tips Mengurangi Belanja Impulsif Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)