5 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 11:50 WIB
Menabung
5 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Muda
Jakarta -

Setiap orang pasti merasakan bagaimana sulitnya mengatur keuangan pribadi, terutama anak muda. Hal itu disebabkan jarang adanya jalan pintas untuk mengelola keuangan. Perlu adanya usaha dan membutuhkan waktu yang lama.

Dikutip dari CNBC, Selasa (7/7/2020) pakar keuangan The Collaborative Fund dan penulis "The Psychology of Money" Morgan Housel memberikan tips dan aturan yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola keuangan di masa muda.

1. Kendalikan Ego

Hidupkan sesuai dengan kemampuan mengatur keuangan Anda. Jangan sekali-kali mengikuti ego sendiri dalam menentukan pengeluaran keuangan.

Alihkan ego dengan cara berhemat. Banyak orang yang memiliki gaji atau penghasilan yang layak namun sedikit memiliki tabungan. Hal itu menyadari kita bahwa penting untuk menahan ego demi mengumpulkan pundi-pundi uang yang bermanfaat. Pengendalian ego dalam mengatur keuangan yang sering diremehkan.

Orang-orang dengan kesuksesan finansial tidak semuanya memiliki penghasilan yang tinggi. Mereka cenderung dapat mengendalikan ego dan nalurinya terhadap pengeluaran mereka.

2. Jangan Menjalin Hubungan dengan Orang yang Tidak Perduli dengan Keuangan

Pasangan yang baik yakni memiliki kekompakan dalam mengatur keuangan. Hindari perselisihan mengatur keuangan karena akan menyebabkan perceraian.

Selanjutnya
Halaman
1 2