PSBB Kelar, Strategi Keuangan Jangan Sampai Kendor!

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 14 Nov 2020 15:20 WIB
ilustrasi investasi
Ilustrasi/Foto: iStock

6. Stop Investasi!

Jangan berinvestasi saat seperti ini, meskipun banyak pakar yang mengatakan bila kita berinvestasi di saat krisis adalah keputusan yang tepat karena kita bisa meraih keuntungan yang maksimal. Tapi kita melupakan 1 hal, keuangan orang yang berinvestasi dengan keuangan kita berbeda.

Bila sama pun, belum tentu kita memiliki pengetahuan keuangan yang lebih baik atau paham bagaimana caranya mendapatkan keuntungan dari hasil investasi di tengah kondisi yang resesi seperti ini. Bahkan bila kita tetap ingin berinvestasi namun belum memiliki pengetahuan tapi memiliki uang lebih, baiklah kita berinvestasi pada sektor dengan resiko yang bisa dibilang rendah bukan tidak ada.

Berinvestasilah pada deposito, reksadana pasar uang, emas, surat utang, sambil melihat kondisi ekonomi Indonesia sebelum masuk ke dalam investasi yang lebih berisiko.

7. Tambah Kemampuan Dalam Menghasilkan Uang

Kita boleh saja mengeluh dan tidak terima dengan kondisi keuangan kita saat ini, semuanya juga merasakan hal yang kurang lebih sama seperti kita, tanpa bermaksud membandingkan hidup orang lain, Namun seperti yang diajarkan orang bijak pada paragraf pembuka, Jauh lebih baik bila kita memfokuskan pada apa yang bisa kita kendalikan.

Setelah kita mencatat, berhemat,minta bantuan pemerintah, menegosiasikan utang kita, maka bila kita masih sulit secara keuangan ada baiknya kita menambah kemampuan kita dalam menghasilkan uang, saat ini ada banyak sekali pekerjaan yang bisa memberikan hasil yang menggiurkan salah satunya YouTube. Namun semua itu memerlukan pengetahuan konsistensi dan kemampuan untuk mencapai tahap seperti itu.

Ibarat seperti kita sekolah, kita belajar setiap hari ujian naik kelas lulus, atau kuliah per semester kita naik bertahap hingga sidang, semuanya tetap membutuhkan proses. Namun lebih baik kita bertindak ketimbang terjebak dalam hidup sulit secara keuangan.

Berikut 7 strategi yang bisa kita gunakan dalam beradaptasi pasca PSBB jilid 2, semoga bermanfaat buat kita yang membaca dan mempraktekkannya. Untuk mempermudah mempraktekkan mengelola keuangan kamu bisa menggunakan aplikasi Moneesa bisa diunduh di sini. Selain itu gunakan juga Bregaswaras, bisa diunduh di sini untuk membantu menghitung kebutuhan asuransi anda. Dan kalau mau belajar mengelola bujet bulanan Anda bisa ikut kelas perencana keuangan seperti ini.

Halaman

(kil/eds)