Tips Atur Keuangan ala Milenial

Nadhifa Sarah Amalia - detikFinance
Senin, 23 Nov 2020 18:13 WIB
Ilustrasi Milenial Kelola Uang
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan. Sektor yang paling berpengaruh pastinya ekonomi masyarakat. Dengan roda ekonomi yang melambat dan kondisi yang tidak pasti, setiap individu dituntut untuk beradaptasi dan mulai mengatur keuangan mereka lebih cerdas.

Oleh karena itu, dibutuhkan langkah-langkah untuk mengelola keuangan pribadi, terutama untuk milenial yang berpengaruh sangat signifikan terhadap roda ekonomi Indonesia untuk sekarang dan di masa yang akan datang. Alexander Thian, seorang penulis dan konten kreator yang dikenal sebagai Amrazing memberitahu tips agar dapat mengelola keuangan pribadi. Berikut tipsnya:

1. Smart Spending

Beranjak dari cerita Alex, Ia menceritakan bahwa caranya menabung adalah dengan menyisihkan minimal 30% dari pendapatan. Perbedaan kebutuhan dan keinginan juga menjadi poin penting yang dianggap sulit dibedakan oleh para milenial. Pemikiran panjang tentang apakah barang tersebut dibutuhkan atau hanya sekedar ingin menjadi hal yang harus dilakukan untuk dapat belanja sesuai kebutuhan.

2. Menyibukkan Diri

Kegiatan produktif sejatinya akan membuat kita terhindar dari impulsive buying. Dengan berkegiatan produktif, kita akan ter-distract dalam pemikiran untuk berbelanja. Pekerjaan sampingan menjadi salah satu saran untuk menyibukkan diri. Selain agar terhindar dari impulsive buying, dengan memiliki pekerjaan sampingan akan menambah penghasilan sehingga lebih banyak uang yang bisa ditabung.

3. Menjaga Budget dan Alokasi Dana Darurat

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan adalah dengan menjaga cash flow dan mempersiapkan dana darurat. Situasi pandemi yang belum berakhir membuat kita harus bersiap-siap dengan kemungkinan terburuk dalam keuangan. Pada keadaan ini, Alex menekankan generasi milenial yang harus melek keuangan untuk bersiap-siap. Dengan begitu, kita dapat menjaga keuangan kita agar keuangan kita tetap stabil di masa yang tidak stabil.

(dna/dna)