5 Tips Menabung Meski Keuangan Lagi Sulit

Lusiana Mustinda - detikFinance
Minggu, 13 Des 2020 20:00 WIB
Menabung
Foto: iStock
Jakarta -

Tips menabung seperti apa yang paling efektif? Meskipun sedang pandemi dan kondisi keuangan sedang kurang baik tetaplah sisihkan uang untuk menabung.

Sejumlah ahli keuangan bahkan merekomendasikan agar rumah tangga menyimpan sekitar tiga hingga enam bulan pendapatan di rekening tabungan.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti masalah kesehatan atau kehilangan pekerjaan. Hanya saja menurut CNN yang mengutip penelitian Brookings Institution, 25 juta rumah tangga kelas menengah di Amerika Serikat tidak punya rekening tabungan.

Mereka lebih memilih memasukkan uang ke dalam investasi seperti properti dan rekening pensiun karena dinilai jauh lebih menguntungkan.

Meski demikian, tabungan masih dipandang sebagai sesuatu yang dibutuhkan karena sifatnya yang mudah dicairkan.

Anda kapan pun dapat menarik uang tunai dari ATM atau mentransfer dana untuk membayar berbagai tagihan dari tabungan.

Di masa pandemi COVID-19 seperti ini, tidak hanya masyarakat Indonesia yang mengalami kesulitan ekonomi tapi juga banyak masyarakat dunia.

Namun meskipun gaji dipotong atau jumlahnya tidak sesuai dengan sebelum pandemi. Kamu tetap harus menyisihkan uang untuk ditabung.

Tips menabung saat keuangan sedang sulit:

1. Atasi hutang berbunga tinggi terlebih dulu

Melansir dalam Moneyning, untuk mulai menabung lebih banyak, kamu harus menangani hutang secara langsung. Khususnya untuk suku bunga tinggi dari pinjaman pribadi atau kartu kredit, karena mereka memaksa membayar biaya dan biaya bunga yang terbilang cukup tinggi.

Saat melunasi hutang, kamu memerlukan rencana yang dapat dicapai namun menantang untuk melunasinya. Mulailah dengan memprioritaskan hutang kamu sehingga dapat melunasi hutang dengan bunga tertinggi terlebih dulu.

Kemudian saat mulai longgar keuangannya, hindari menumpuk hutang berbunga tinggi, terutama kartu kredit.

2. Kurangi pengeluaran terbesar

Tips menabung cepat meski berpenghasilan rendah bisa jadi sangat sulit. Meskipun rasanya terkadang tak mungkin untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulan.

Namun tips ide menghemat uang seperti masak makanan di rumah dan membatalkan tagihan TV kabel bisa dilakukan. Alih-alih mencoba mengurangi pengeluaran kecil, fokuslah pada pengeluaran yang lebih besar sehingga kamu dapat membuat dampak yang signifikan.

Bagi kebanyakan orang, biaya perumahan cenderung menjadi bagian terbesar dari pengeluaran mereka. Jika kamu ngekost, sebaiknya pilih yang satu kamar bisa untuk berdua sehingga pembayarannya bisa dilakukan dengan teman sekamar.

Jika kamu memiliki rumah, perhatikanlah apakah membiayai kembali hipotek dengan suku bunga yang lebih rendah akan menguntungkan atau tidak. Kamu juga bisa menyewakan kamar atau tempat parkir untuk menambah penghasilan tambahan.

3. Membawa bekal

Tips menabung harian yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan membawa bekal.

Tips ini menjadi yang lebih mudah karena selisih biaya membeli makan siang di kantor dengan memasak bekal sendiri cukup besar. Bahkan bisa sampai setengahnya.

Dalam satu kali makan di kantor dapat menghabiskan sekitar Rp 15.000-Rp 20.000. Akan

tetapi dengan uang Rp 25.000 jika untuk membeli bahan makanan yang dimasak di rumah tentu akan bisa dimanfaatkan untuk makan pagi, siang dan malam untuk sekeluarga.

Sehingga selisih biaya makan siang tersebut dapat disimpan untuk masuk ke tabungan.

4. Jaga anggaran tetap ramping

Menghemat uang bulanan memang perlu kedisiplinan. Untuk menghemat lebih banyak, kamu harus mengontrol berapa banyak uang yang dibelanjakan. Pilih kategori yang diinginkan dan pertahankan sisa anggaran seramping mungkin.

Belajarlah untuk menggunakan uang secukupnya. Misalnya kurangi makan di luar atau membeli perlengkapan yang sifatnya tidak dibutuhkan. Contohnya untuk wanita, jika di rumah masih memiliki lipstik, sebaiknya jangan tergiur untuk membeli warna lain.

Manfaatkan lebih dulu lipstik yang sudah ada di rumah.

5. Kurangi pengeluaran tidak penting

Tips menabung yang efektif dalam jangka panjang bisa dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Misalnya ketika sore hari tak perlu membeli kopi atau bubble tea.

Meskipun harganya terbilang tak mahal, namun jika dihitung selama satu bulan cukup untuk menjadi tabungan bulanan. Jika ingin menikmati minuman manis di kantor atau di rumah, cobalah membuat minuman manis dengan es yang lebih sederhana seperti es teh atau kopi kemasan.

Tips menabung agar lebih semangat juga bisa dicoba dengan menyisihkan uang setiap harinya dan ditabung ke celengan. Pastikan celengan yang digunakan tidak bisa dibuka, sehingga bisa diisi sampai penuh.



Simak Video "Menabung Aman, Pastikan Pegang Dokumen dan Pecah Penyimpanan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)