Milenial, Yuk Stabilkan Finansial di Tahun 2021 dengan 5 Cara Ini!

Inkana Putri - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 11:27 WIB
Working at home
Ilustrasi/Foto: Getty Images/Eva-Katalin
Jakarta -

Tak terasa tahun baru hanya tinggal menghitung waktu saja. Di penghujung tahun, inilah saatnya untuk membuat resolusi baru di tahun 2021.

Bicara soal resolusi baru, merdeka atau bebas finansial bisa jadi salah satu list resolusi khususnya untuk para milenial. Hal ini mengingat banyak yang menyebut gaya hidup milenial bisa mempersulit untuk mendapatkan finansial yang stabil.

Untuk bisa merdeka secara finansial memang bukan hal yang mudah. Namun, hal tersebut bisa dilakukan jika kamu terus konsisten dalam mengatur finansial. Buat kamu yang ingin merdeka secara finansial di tahun baru, yuk ikuti 5 tips ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hindari Berpikir Instan

Meskipun zaman sekarang semua telah serba instan, bukan berarti merdeka finansial juga bisa diraih dengan cara instan. Oleh karena itu, kamu perlu belajar cara menuju merdeka finansial. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk stabilkan finansial, yakni dengan belajar pentingnya menabung atau investasi.

Kamu juga bisa isi hari-hari dengan kegiatan produktif sehingga terhindar dari impulsive buying. Mengingat saat ini banyak milenial yang terganggu finansialnya hanya karena banyak belanja barang yang tak penting. Kamu juga bisa melakukan pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi tabungan.

2. Smart Spending

Smart spending jadi salah satu kunci untuk menstabilkan finansial. Saat menerima gaji, banyak milenial umumnya langsung berbelanja barang yang diinginkan dibanding yang dibutuhkan. Di tahun 2021, mulailah ganti mindset kamu dengan melakukan smart spending, yakni dengan menyisihkan setidaknya 20-30 persen dari pendapatan untuk ditabung. Adapun sisanya dari pendapatan bisa kamu alokasikan kembali untuk hal penting lainnya seperti belanja kebutuhan atau membayar cicilan.

3. Usaha Sampingan

Membuat finansial yang stabil bisa didukung dengan memulai usaha sampingan. Kamu bisa mulai dari memulai usaha kecil-kecilan mulai dari berjualan makanan, menjadi reseller baju atau sepatu, atau berjualan online.

Kamu juga bisa melakukan kerja sambilan (freelance) dengan menawarkan jasa yang dimiliki seperti menulis artikel, translate, desain logo atau poster, hingga menjadi admin media sosial. Pendapatan dari usaha sampingan ini nantinya bisa kamu gunakan untuk menstabilkan finansial kamu.

4. Siapkan Dana Darurat

Menabung untuk masa depan memang penting, namun jangan sampai kamu lupa untuk menyiapkan tabungan jaga-jaga. Apalagi di tengah pandemi saat ini, kamu harus tetap menjaga keuangan kamu stabil guna mencegah hal buruk yang tak diinginkan. Oleh karena itu, pastikan selalu untuk menyisihkan pendapatan kamu untuk dana darurat.

5. Mulai Investasi

Di zaman sekarang, milenial diharuskan untuk melek finansial jika ingin terjamin masa depannya. Oleh karena itu, di samping memastikan alokasi dana yang baik, kamu juga perlu mulai investasi sejak dini. Dengan begitu, aset yang kamu miliki bisa terus bertambah dan impian untuk merdeka finansial pun bisa lebih cepat terwujud.

Bicara soal investasi, saat ini ada banyak investasi yang bisa kamu pilih. Namun, pastikan investasi tersebut aman dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk pemula, kamu bisa mulai melakukan investasi dengan risiko rendah atau tergolong aman, yakni emas dan reksadana. Selain aman, keduanya juga bisa dengan mudah dilakukan melalui platform online.

Kini, Tokopedia telah menghadirkan layanan investasi emas dan reksadana. Untuk investasi emas, kamu bisa mulai menabung hanya dengan Rp 5.000 saja di Tokopedia Emas. Soal keamanan, Tokopedia juga bekerja sama dengan PT Pegadaian yang berada di bawah pengawasan OJK.

Selain itu, kamu juga bisa investasi reksadana pasar uang di Tokopedia mulai dari Rp 10.000 saja. Tokopedia juga menjamin keamanan investasi reksadana karena bekerja sama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), serta manajer investasi (MI) terpercaya, yaitu Mandiri Manajemen Investasi dan Syailendra Capital. Kamu pun bisa melakukan pembelian unit reksa dana atau emas dengan berbagai metode pembayaran, seperti e-banking, m-banking, OVO, dan lainnya.

(akn/hns)