Tips Atur Duit Supaya Nggak Boros di Awal Tahun

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Rabu, 13 Jan 2021 10:08 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi virus Corona (COVID-19) yang berlangsung hingga sekarang membuat kondisi finansial sebagian besar masyarakat Indonesia menjadi tak menentu. Banyaknya pengeluaran yang dilakukan dan pemasukan yang berkurang di awal tahun 2021 membuat duit di tabungan ikut terkuras.

Hal ini tentu tidak hanya berpengaruh pada kehidupan dan karir, juga dapat berpengaruh pada kesehatan. Menurut survei yang dilakukan Perkbox, kekurangan uang bahkan menjadi penyebab stres terbesar bagi 61% orang dewasa di Inggris. Oleh karena itu, penting sekali mengelola keuangan dengan baik.

Salah satu contoh tindakan dari gaya hidup anti boros yang bisa dilakukan adalah dengan rutin membuat anggaran pengeluaran dan mengurangi kebiasaan yang buruk. Selain itu, membangun dana darurat dengan menyisihkan biaya untuk tiga bulan ke depan juga wajib untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Adapun cara untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk seperti terkena penyakit ialah dengan memiliki proteksi kesehatan seperti Zurich Smart Care. Asuransi ini memberikan perlindungan jiwa sekaligus investasi, dilengkapi dengan asuransi tambahan untuk perlindungan komprehensif sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Mengetahui pentingnya mengelola keuangan biar nggak boros di masa sekarang, Zurich bekerja sama dengan detikcom mengadakan sebuah Talkshow Online (Webinar) mengenai pentingnya perencanaan finansial dalam menghadapi berbagai tantangan finansial untuk #GenerasiZiap di tahun 2021.

Acara ini bertema 'Financial Wisdom & Freedom For #GenerasiZiap' dan akan menghadirkan tokoh hebat sebagai narasumber, di antaranya Ario Pratomo yang dikenal sebagai seorang content creator, entrepreneur & investor dan Sahil Mulachela, seorang radio announcer yang dikenal dekat dengan generasi muda.

Ario dan Sahil nantinya akan membahas berbagai topik menarik, mulai dari pengalaman dalam mengatur keuangan di tahun 2020, dan apa saja perubahan yang bisa dijadikan pelajaran untuk tahun 2021 ini, hingga bagaimana peran #GenerasiZiap dalam keluarga di era modern untuk mencapai berbagai harapan finansial.

Webinar ini dapat disaksikan secara live besok di detikfinance dan juga di tagsite Zurich di sini mulai pukul 15.00 WIB. Tak hanya informasi soal perencanaan finansial, detikers juga berkesempatan mendapatkan hadiah uang tunai bagi penanya terbaik saat webinar berlangsung.

Jadi, catat tanggalnya! Jangan sampai ketinggalan acara webinar 'Financial Wisdom & Freedom For #GenerasiZiap' hanya di detikcom.



Simak Video "ANYmal, Robot Mirip Hewan yang Bergerak Super Lincah"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)