Bercermin Pada 2020 untuk Keuangan yang Lebih Baik di 2021 (1)

Bareyn Mochaddin – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 23 Jan 2021 10:10 WIB
Ilustrasi perencanaan keuangan
Foto: Shutterstock

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar keuangan jadi lebih tertata. Beberapa hal ini sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan. Idealnya, kamu melakukan ini bahkan sebelum membuat resolusi keuangan.

Kendalikan ekspektasi kamu. Maksudnya, selain kamu bersukacita dan mempersiapkan diri menyambut tahun baru, kamu juga harus siap dengan hal yang sebaliknya bisa terjadi kepada kamu.

Masih ingat kan di akhir tahun lalu? Kita semua bersukacita, dan membuat berbagai rencana yang akan dicapai di tahun baru. Tapi ternyata yang terjadi malah sebaliknya, kondisi jadi makin sulit dan banyak dari kita tidak bisa mendapatkan apa yang kita cita-citakan.

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tahun depan. Sehingga, penting bagi kita untuk tidak hanya berharap yang terbaik, tetapi kita juga harus siap dengan hal yang terburuk yang bisa terjadi kepada kita.

Itulah sebabnya kita harus berinvestasi untuk masa depan kita. Nah untuk tahu dan belajar tentang produk-produk investasi lainnya kamu bisa baca artikel dan lihat video training di salah satu aplikasi perencanaan keuangan secara gratis, yaitu aplikasi Moneesa yang bisa diunduh di sini. Selain kesehatan keuangan. Selain itu gunakan juga Bregaswaras untuk membantu menghitung kebutuhan asuransi bisa diunduh di sini. Dan kalau mau belajar mengelola bujet bulanan anda bisa ikut kelas basic perencana keuangan yang infonya bisa dibuka di sini https://bit.ly/3nuJYO8 bahkan dengan materi tersebut anda bisa menjadi seorang perencana keuangan. Selain itu juga ada lho kelas belajar sendiri untuk materi perencanaan keuangan dasar, reksadana dan asuransi, linknya bisa dibuka di sini http://bit.ly/IARFC-Online .

Yang pertama sudah, lalu apa yang kedua? Nantikan di artikel berikutnya.


(hns/hns)