Sisi Lain dari Musibah

Aidil Akbar Madjid – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 23 Jan 2021 20:20 WIB
Ilustrasi Asuransi
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Tidak ada satu orang pun yang ingin tertimpa musibah, akan tetapi yang namanya risiko dan musibah bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Salah satu contohnya adalah kecelakaan, termasuk di dalamnya kecelakaan pesawat udara. Kecelakaan seperti yang baru saja menimpa saudara-saudara kita tentu saja menyisakan luka dan kesedihan yang mendalam, akan tetapi ketika masa kesedihan telah usai, kita juga harus mulai memikirkan masa depan keluarga yang ditinggalkan.

Dari kecelakaan yang sudah pernah terjadi sebelumnya, kita bisa melihat sisi lain dari musibah tersebut serta bisa mendapatkan pelajaran tentang hal-hal apa yang harus dipersiapkan bila musibah tersebut menimpa kita atau orang-orang yang kita cintai. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas 2 hal, nah artikel kali ini akan dibahas sambungan pelajaran berharga tersebut.

Asuransi Kecelakaan

Dalam artikel sebelumnya sudah disinggung tentang asuransi jiwa pribadi dari korban dan bagaimana cara ahli waris untuk bisa mendapatkan klaim mereka. Kali ini jangan lupa dicek asuransi kecelakaan yang mungkin saja menjadi hak anda atau ahli waris anda.

Asuransi Kecelakaan Pemerintah

Di setiap penjualan tiket moda transportasi publik, biasanya anda membayar biaya tambahan (secara nominal premi tidak terlalu besar) untuk asuransi kecelakaan. Bila terjadi kecelakaan, maka ahli waris berhak atas santunan kematian atau kecelakaan tersebut. Secara nominal mungkin tidak terlalu besar, akan tetapi dalam kondisi prihatin maka nominal berapapun dirasa akan sangat membantu.

Asuransi Kecelakaan Dari Operator (maskapai)

Dalam hal kecelakaan pesawat, maka biasanya operator atau maskapai penerbangan tersebut juga telah mengasuransikan pesawat mereka beserta kecelakaan bagi penumpang pesawat mereka. Santunan dari operator ini biasanya cukup besar secara nominal tergantung besaran perlindungan yang diberikan.

Asuransi Kecelakaan di dalam Asuransi Jiwa Pribadi

Ketika anda membeli asuransi jiwa pribadi maka perhitungan tunjangan kematian bisa dilihat dari besaran Uang Pertanggungan yang diberikan atau anda beli. Nah, ketika menawarkan asuransi kesehatan, agen biasanya mengiming-imingi benefit tambahan dari asuransi yang ditawarkan yaitu berupa uang pertanggunan tambahan apabila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.

Besaran santunan kecelakaan ini biasanya sebesar uang pertanggungan yang anda beli. Sebagai contoh, anda membeli asuransi jiwa dengan benefit uang pertanggungan sebesar Rp 500 juta. Apabila anda meninggal dunia karena kecelakaan, maka benefit uang pertanggungan yang seharusnya anda terima adalah 2 x 500 juta atau sebanyak Rp 1 Miliar atau 2 kali lipat dari Uang Pertanggungan yang sesungguhnya. Cek di polis asuransi anda.

Asuransi Kecelakaan Satuan

Asuransi kecelakaan satuan bisa dibeli dengan biaya premi yang relatif terjangkau. Biasanya asuransi ini membuka booth mereka di Bandara, Stasiun dan Terminal. Bila korban dari keluara anda sekiranya membeli asuransi ini, maka anda sebagai ahli waris punya hak untuk klaim atas asuransi ini.

Manajemen Risiko

Hal atau pelajaran lain yang tidak kalah penting dari setiap musibah kecelakaan terutama Udara dan Laut adalah adanya korban yang masih satu keluarga (baik keluarga kecil maupun keluarga besar). Dalam kasus-kasus sebelumnya sering kali dijumpai kesulitan menemukan ahli waris dikarenakan pasangan atau bagian dari yang semestinya ahl waris turun meninggal pada kecelakaan tersebut.

Bagaimana cara mencegah hal ini terjadi? Anda bisa melakukan manajemen resiko perjalanan keluarga. Apa itu? Ketika melakukan suatu perjalanan untuk tujuan apapun, usahakan agar menggunakan moda transportasi yang terpisah. Sebagai contoh, anda ingin berlibur sekeluarga besar ke Bali. Yang sering dilakukan adalah anda melakukan pemesanan untuk tiket sekeluarga secara bersama-sama dalam satu pesawat. Hal ini sebaiknya dihindari. Anda bisa memesan tiket perjalanan dengan menggunakan maskapai yang sama tapi dengan jadwal yang berbeda (jam keberangkatan dibedakan), atau anda bisa memesan di jam yang berdekatan tapi dengan menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda (dalam hal kasus perjalanan menggunakan pesawat udara).

Karena tadi telah banyak dibahas tentang asuransi jiwa dan kecelakaan, apabila anda ingin mengetahui tentang asuransi dan melakukan perbandingan produk dan premi serta menghitung kebutuhan asuransi jiwa anda, bisa dilakukan secara gratis dengan menggunakan aplikasi Bregaswaras yang bisa diunduh di sini. Sementara untuk perencanaan keuangan secara keseluruhan anda bisa menggunakan aplikasi Moneesa yang bisa diunduh di sini. Dan kalau mau belajar mengelola bujet bulanan anda bisa ikut kelas basic perencana keuangan yang infonya bisa dibuka disini https://bit.ly/3nuJYO8 bahkan dengan materi tersebut anda bisa menjadi seorang perencana keuangan. Selain itu juga ada lho kelas belajar sendiri untuk materi perencanaan keuangan dasar, reksadana dan asuransi, linknya bisa dibuka disini http://bit.ly/IARFC-Online .

Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, terlindungi dari mara bahaya dan musibah, dan semoga kita semua telah melakukan persiapan-persiapan finansial yang baik dan benar untuk menghindari kesulitan finansial bila tertimpa musibah tersebut.

(hns/hns)