6 Tips Hemat Uang Belanja buat yang Pemasukannya Pas-pasan

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 29 Jan 2021 12:28 WIB
tips belanja sehat
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Bahan makanan atau keperluan rumah tangga menjadi kebutuhan pokok manusia. Namun, yang menjadi masalah banyak orang berbelanja lebih dari anggaran yang dibutuhkan.

Pada akhirnya pengeluaran akan semakin banyak untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Dikutip dari CNN, Jumat (29/1/2021) Berikut ini ada beberapa tips untuk mengurangi pengeluaran belanja.

Persiapkan Daftar Belanja

Sebelum berbelanja, luangkan waktu untuk membuat daftar belanja. Telusuri penawaran toko dan melihat apakah barang yang Anda perlukan sedang ada diskon atau tidak.

Setelah Anda memiliki daftarnya belanja, rak utama yang Anda datangi di toko adalah keperluan dapur. Selanjutnya, jangan berbelanja di toko yang tidak memiliki daftar harga.

Berbelanja Online

Dengan berbelanja online bisa menjadi rekomendasi untuk memantau seberapa besar pengeluaran Anda untuk kebutuhan pokok. Jauh lebih mudah untuk menghapus item dari keranjang virtual jika total belanja Anda melebihi anggaran, daripada meminta kasir untuk menguranginya saat di toko fisik.

Beberapa toko grosir besar, termasuk Kroger, Albertsons, Target dan Walmart, menawarkan belanja online dengan penjemputan gratis.

Perhatikan Harga per Unit Produk

Harga terendah tidak selalu menjadi penawaran terbaik. Perhatikan harga per unit. Contohnya, saat Anda ingin membeli saus tomat, harga botol 32 ons seharga US$ 2,79 sedangkan botol 38 ons seharga US$ 2,99 Botol yang lebih besar harganya hampir 8 sen per ons sedangkan yang lebih kecil harganya hampir 9 sen.

Bisa disimpulkan, bisa saja barang yang lebih besar harganya lebih murah dibandingkan harus membeli unit yang kecil namun harga yang ditawarkan berbanding tipis dari unit yang besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2