Pilih-pilih Investasi Murah nan Menguntungkan, Mana Paling Cuan?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 15 Mar 2021 06:45 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

4. Surat Berharga Negara

Dengan uang Rp 10 juta Anda sudah bisa membeli surat berharga ritel yang diterbitkan pemerintah untuk masyarakat umum seperti sukuk maupun ORI. Imbal hasilnya juga masih cukup lumayan sekitar 5,5-6,5% per tahun, bahkan ada yang sampai 9% lebih

"Bahkan pemerintah sudah menurunkan minimal penyertaannya, jadi bisa dari Rp 1 juta dengan bunga yang lebih tinggi dari deposito," kata Andy.

Aidil menambahkan, ORI maupun sukuk ritel memang produk investasi yang terbilang aman karena dijamin negara. Namun likuiditasnya lebih rendah dari emas. Sebab ada ada masa tenor yang biasanya sekitar 3 tahun, artinya selama 3 tahun surat berharga itu belum bisa dicairkan.

5. Waralaba

Terakhir jika ingin lebih ekstrem lagi dengan uang Rp 10 juta Anda bisa menjalankan usaha. Apalagi sekarang banyak peluang usaha dari pelaku usaha yang membuka peluang waralaba, sehingga tidak perlu meniti usaha dari nol.

"Karena berbisnis juga masuk dalam kategori investasi juga. Waralaba mulainya ada yang Rp 10 jutaan, tergantung jenis bisnisnya. Kalaupun nggak ada modal sebesar itu, bisa dengan dropshipper atau reseller," kata Andy.

Namun Andy menegaskan, berbisnis waralaba memiliki risiko yang sama besarnya dengan investasi saham. Selain itu harus ada kemauan yang besar untuk menjalani bisnis itu.

"Beda dengan investasi lainnya ya beli di awal terus kita tunggu itu berjalan. Tapi bisnis ini bisa memberikan keuntungan sangat besar. Misalnya jualan minuman teh, 1 box teh harganya mungkin sekitar Rp 10 ribu, tapi itu bisa jadi beberapa teko. Jual 1 gelas Rp 1.000 misalnya, itu untungnya bisa 100% lebih sehari. Besar sekali, tapi risikonya juga besar," tuturnya.


(das/ara)