Uang Belanja Sering Terasa Kurang? Coba Pakai 5 Cara Jitu Ini Deh

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 20:35 WIB
Beautiful smiling young Asian woman grocery shopping online with mobile app device on smartphone and making online payment with her credit card, with a box of colourful and fresh organic groceries on the kitchen counter at home
Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang kerap disepelekan dan dianggap mudah, padahal faktanya sulit. Nyatanya, seorang ibu rumah tangga tak hanya harus mengurus anak dan rumah tapi juga keuangan keluarga mereka.

Karena tugas yang menumpuk itu, tak jarang seorang ibu rumah tangga kelimpungan karena tak bisa mengatur budget uang belanja sehingga beberapa kali terasa kurang.

Masalah pengelolaan keuangan ini memang kerap jadi masalah dalam sebuah rumah tangga, tapi bukan tanpa jalan keluar.

Ada tips yang sangat mendasar dalam hal pengelolaan anggaran belanja rumah tangga. Jika selama ini selalu membuat budget hanya untuk belanja bulanan, ibu rumah tangga bisa juga mulai menentukan anggaran kebutuhan mingguan.

Yuk belajar mengatur uang belanja mingguan terutama untuk para ibu rumah tangga.

1. Tulis Daftar Belanja

Mungkin terdengar klasik tapi ini sangat berpengaruh. Pentingnya menulis daftar belanja sebelum pergi ke supermarket atau pasar.

Untuk menentukan uang belanja mingguan, ibu rumah tangga bisa terlebih dahulu menulis kebutuhan rumah tangga dalam satu minggu. Dilansir dari BBC, menulis daftar belanja juga membantu merencanakan menu makanan selama satu minggu.

Jadi, ketika sampai pasar atau supermarket maka ibu rumah tangga tak perlu mengelilingi semua area. Cukup berhenti pada rak-rak berisi kebutuhan dalam daftar belanja tersebut.

Mulailah menulis daftar belanja pada hari libur, ketika suami bisa membantu menjaga anak di rumah. Mungkin bisa menulisnya pada hari Sabtu kemudian pergi belanja keesokan harinya.

Daftar belanja tak melulu harus ditulis dalam secarik kertas tapi bisa juga dalam aplikasi, notes pada telpon genggam. Ingat, daftar belanja ini perlu dibedakan antara mingguan dan bulanan ya.

Penasaran dengan cara selanjutnya? Buka di sini untuk dapat jurus jitu yang lebih lengkap.

(dna/dna)