7 Jurus Menabung Cepat, Nomor 3 Menantang Nih!

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 21 Mei 2021 16:31 WIB
The woman hand is putting a coin in a glass  bottle and a pile of coins on a brown wooden table,Investment business, retirement, finance and saving money for future concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong
Jakarta -

Dana yang Anda punya jangan cuma dipakai buat belanja. Memang, tidak ada salahnya belanja, apalagi untuk kebutuhan pokok. Namun perlu diingat Anda juga harus menyisihkan dana untuk ditabung.

Nah, mengutip dari Hai Bunda yang melansir dari laman The Simple Dollar, berikut ini adalah 7 jurus menabung dengan cepat di saat harus berbagi alokasi dana untuk belanja.

1. Tulis daftar sebelum belanja

Saat berbelanja, mungkin akan membeli barang yang seharusnya tidak dibeli, ya? Sehingga bisa saja boros dan belanjaan yang dibeli melebihi budget.

Agar tak keluar dari batas, pastikan membuat daftar belanjaan sebelum pergi ke supermarket atau toko lainnya. Daftar belanjaan akan membantu Bunda tetap fokus dan hemat.


2. Lunasi kartu kredit

Anda mungkin salah satu pengguna kartu kredit. Agar bisa fokus pada keuangan, pastikan rutin lunasi tagihan kartu kredit setiap bulannya. Dengan begitu Anda terhindar dari beban bunga yang bisa membuat tagihan menggunung.

Di sisi lain, bisa juga gunakan juga kartu debit atau menggunakan uang tunai saja saat berbelanja, supaya kita bisa langsung mengontrol pengeluaran.


3. Aturan 10 detik

Saat berbelanja perlu menguasai aturan 10 detik, apa itu? Ketika memutuskan untuk membeli sesuatu, coba pikirkan selama 10 detik tentang mengapa tidak boleh membelinya. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya?

Apa sudah mempunyai barang yang mirip? Kalau ragu, segera letakkan barang itu dan beli di lain waktu.

Masih ada lagi nih 4 jurus lain. Buruan cek halaman selanjutnya, klik di sini.

(hns/hns)