No Panic Buying! Ini Barang yang Harus Dibeli Bila PPKM Darurat Diperpanjang

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 14 Jul 2021 16:57 WIB
Personel Kepolisian memasang rambu penyekatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pertigaan Simpang Kampus USU, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (12/7/2021). Penyekatan tersebut dalam rangka mengurangi mobilitas warga demi mengurangi angka penyebaran COVID-19 selama pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Medan. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Jakarta -

Ada wacana PPKM Darurat diperpanjang 4 sampai 6 minggu. Untuk itu, jika PPKM Darurat diperpanjang apa aja barang yang harus dibeli atau disediakan selama mobilitas dibatasi.

Perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari mengatakan jika PPKM Darurat diperpanjang maka belanja bahan-bahan pokok harus disiapkan agar tidak banyak melakukan mobilitas keluar rumah. Selain bahan pokok, vitamin dan keperluan kesehatan juga perlu disiapkan misalnya, masker hingga hand sanitizer.

"Bisa disiapkan belanja bahan-bahan pokok, lumayan jadi nggak banyak belanja-belanja lagi. Vitamin, masker, hand sanitizer juga harus disiapkan, karena selain bahan makanan hal seperti itu sekarang kan jadi naik ya susah untuk dibeli tetapi juga bisa disiapin," kata Teja kepada detikcom (14/7/2021).

Sementara, Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andi Nugroho mengatakan untuk bahan-bahan pangan bukan menjadi masalah karena masih bisa dibeli melalui toko online. Nah, untuk itu dia menyarankan mempersiapkan obat-obatan hingga suplemen.

"Namun untuk obat-obatan dan suplemen terkadang kita memerlukannya secara mendadak, maka harus disiapkan," ungkap Andi.

Selain itu, karena masa pandemi ini mengurangi mobilitas di luar rumah sehingga bekerja pun dialihkan bekerja dari rumah. Maka kuota internet untuk bekerja dan anak sekolah tentu menjadi kewajiban untuk dibeli. Namun, juga jangan lupa untuk memenuhi kewajiban lainnya, seperti bayar cicilan, bayar listrik dan air.

"Menurut saya yang justru harus lebih diperhatikan adalah untuk mengurangi konsumsi atau belanja yang kurang perlu, sehingga uang kita bisa dialokasikan sebagai dana darurat yang bisa kita gunakan apabila sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat," pungkasnya.

Simak video 'Jadwal Penyekatan di Jakarta: Pukul 10-22-.00 WIB Hanya Nakes yang Boleh Lewat!':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)