Cara Investasi Bitcoin Pemula yang Menguntungkan

Sponsored - detikFinance
Sabtu, 17 Jul 2021 13:01 WIB
bitcoin
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di dunia digital, investasi bitcoin yang sedang naik daun mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya dalam waktu singkat, tren bitcoin telah menarik banyak orang. Tidak hanya dari negara lain, masyarakat Indonesia pun sudah banyak menaruh perhatian pada investasi bitcoin ini.

Harga bitcoin Indonesia sangat bergantung pada permintaan pasar. Misalnya pada tahun 2013, bitcoin ini belum terkenal sehingga permintaan bitcoin masih sangat kecil. Ini membuat harga per potongnya murah sekitar US$ 13. Namun, di penghujung tahun 2013, harganya melonjak cukup drastis hingga mencapai US$ 1100.

Pada tahun 2017, terjadi peningkatan hingga 2000% (20 kali lipat) pada alat investasi ini. Hal ini mungkin cukup menggiurkan, namun tentunya dibutuhkan pemahaman yang lebih detail mengenai investasi bitcoin. Apalagi bagi yang masih pemula, Anda harus paham cara berinvestasi bitcoin yang aman dan menguntungkan.

Mengenal Investasi Bitcoin
Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara berinvestasi bitcoin bagi pemula, hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah tentang pengertian investasi bitcoin. Mungkin akhir-akhir ini Anda sudah sering mendengar istilah bitcoin. Wajar jika bisnis investasi ini memang sedang naik daun dan mendapatkan banyak perhatian

Tapi apa sebenarnya bitcoin itu? Bitcoin adalah mata uang virtual yang pertama kali dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Mata uang digital ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan mata uang biasa, seperti rupiah, euro, dollar, dan lain-lain. Namun, perbedaannya adalah mata uang bitcoin hanya terdapat di dunia digital.

Mata uang digital ini berfungsi seperti mata uang biasa seperti rupiah, dollar, euro, atau lainnya. Adapun yang membedakannya adalah mata uang ini hanya tersedia di dunia digital.

Jika Anda masih pemula dan belum terlalu paham cara berinvestasi bitcoin yang aman dan menguntungkan, maka sebaiknya jangan terlalu berambisi dan pelajari terlebih dahulu tentang risiko dan potensi yang ada dalam investasi bitcoin.

Apakah Potensi Investasi Bitcoin Cukup Besar?
Mungkin banyak pemula yang menanyakan apakah peluang investasi bitcoin besar dan menguntungkan? Saat ini, pengguna internet di dunia semakin meningkat dan mengiklankan suatu produk juga semakin mudah dan gratis.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor yang tidak terduga adalah faktor risiko yakni, mentalitas para pelaku bisnis bitcoin harus benar-benar kuat, sabar, dan lebih bisa mengontrol emosi.

Langkah dan Cara Berinvestasi Bitcoin Pemula
Setelah Anda memahami arti dan potensi bitcoin, kini yang perlu Anda ketahui adalah cara berinvestasi bitcoin pemula. Banyak pemula yang bingung untuk mulai bermain bitcoin, namun tips di bawah ini akan membantu Anda untuk mulai bermain bitcoin.

Daftar Exchange

Hal pertama yang harus dilakukan dalam investasi bitcoin pemula yang aman dan menguntungkan adalah mendaftar di platform pertukaran atau pertukaran. Namun sebelum itu, pastikan Anda memilih bursa bitcoin Indonesia yang tepat.

Setelah mendaftar, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah proses KYC (Know Your Customer). Untuk proses ini, Anda diharuskan mengunggah KTP dan foto pribadi Anda. Setelah mengunggah dokumen penting yang dibutuhkan, proses verifikasi akan dilanjutkan dalam waktu 1x24 jam oleh platform pertukaran.

Beli Bitcoin

Setelah akun Anda diverifikasi dan telah memilih metode pembayaran yang tepat. Langkah selanjutnya adalah membeli bitcoin. Untuk membeli bitcoin, Anda hanya perlu masuk ke bursa, lalu pilih aset kripto mana yang ingin dibeli. Anda dapat membeli bitcoin sebanyak yang Anda inginkan. Harga belinya pun bervariasi sesuai dengan kurs yang digunakan.

Setelah berhasil membeli bitcoin, kini Anda dapat menyimpan bitcoin yang dibeli ke dalam dompet bitcoin atau dompet digital. Itulah mengapa penting untuk memilih platform yang aman untuk menghindari potensi pencurian dan menjaga keamanan bitcoin Anda.

Trik investasi bitcoin pemula yang perlu Anda ketahui adalah membeli bitcoin dengan harga termurah. Setelah itu, Anda baru dapat menjualnya kembali saat harganya tinggi. Pasalnya, hanya dengan cara ini Anda akan dapat memperoleh keuntungan.

Perdagangan Bitcoin
Untuk dapat menganalisa dan menebak harga BTC, dibutuhkan beberapa strategi dalam trading bitcoin maupun dalam beberapa instrumen investasi lainnya. Berikut ini beberapa cara trading yang bisa dilakukan untuk pemula.

Hold, istilah ini dikenal sebagai investasi dalam jangka panjang. Jadi, setelah Anda membeli bitcoin, Anda bisa menyimpannya untuk nantinya di jual kembali setelah harga naik.

Kemudian cara Day Trading, yakni saat Anda menjual dan membeli bitcoin di hari yang sama. Untuk cara ini, Anda harus mengawasi harga bitcoin yang bergerak sehingga Anda dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual bitcoin.

Selanjutnya, Pump and Dump, yaitu Anda bisa membeli bitcoin dalam jumlah banyak sehingga mempengaruhi harga bitcoin. Kemudian Anda bisa menjualnya kembali saat harga naik.

Menjual Bitcoin
Sama seperti membeli bitcoin, Anda dapat menjual bitcoin di bursa pilihan Anda. Apakah ada minimum mengenai jumlah bitcoin yang terjual? Sebenarnya tidak ada minimal bitcoin untuk dijual, tapi ada minimal jumlah untuk proses penarikannya.

Untuk menjual bitcoin, Anda bisa klik menu marketplace lalu pilih bitcoin. Setelah itu, masukkan jumlah bitcoin yang akan dijual. Jangan lupa juga untuk memasukkan harga jual atau langsung menjualnya.

Untuk mengonfirmasi bitcoin yang telah terjual, Anda dapat memeriksa di dasbor platform pertukaran pilihan Anda dan mengklik menu dompet. Jika order penjualan sudah terpenuhi, maka saldo rupiah akan muncul di rekening Anda. Ini artinya Anda telah berhasil menjual bitcoin Anda

(Content Promotion/Feritekno)