Menabung yang Benar Itu Seperti Apa Sih?

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 13 Sep 2021 07:10 WIB
The woman hand is putting a coin in a glass  bottle and a pile of coins on a brown wooden table,Investment business, retirement, finance and saving money for future concept.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong

2. Menyisihkan, Bukan Menyisakan

Siapa yang masih suka melakukan cara seperti ini setiap mendapatkan penghasilan dan menentukan angka yang akan ditabung? Kesalahan umum setiap orang dalam menabung ialah menyisakan sebagian uang yang telah dibelanjakan untuk menabung. Misal, setiap mendapatkan penghasilan, dipakai untuk biaya hidup, bayar tagihan, membeli keinginan yang sifatnya kecil, baru setelah itu dipakai untuk menabung, lama waktu berjalan baru sadar kalau tabungan kita tidak pernah sampai mendapatkan apa yang kita inginkan. Angkanya nggak pernah cukup memenuhinya. Kalau seperti ini siapa yang salah hayo?

Menabung yang benar itu adalah setiap kita mendapatkan pendapatan, baik itu harian, mingguan atau bulanan, hal yang paling pertama kita lakukan adalah menyisihkan dulu seberapa besar yang akan kita gunakan untuk menabung. Misal, kita mau beli laptop baru tahun depan, hitung dulu harga laptopnya, lalu dibagi 12 bulan dari sekarang, nah angka tersebut akan jadi acuan kita dalam menyisihkan uang pertama kali setelah mendapatkan penghasilan, bukan dihabiskan untuk yang lain dulu, baru sisanya dipakai untuk menabung, jelas keinginan kita nggak akan pernah tercapai.

Coba belajar buat perhitungan terlebih dahulu agar tahu berapa sebenarnya pengeluaran dan kelebihan dana yang bisa ditabung setiap bulan. Setelah itu langsung sisihkan sejumlah dana tersebut setiap bulannya. Bila ingin belajar untuk bisa membuat perhitungan bisa belajar sendiri atau ikutan di workshop Mengelola Keuangan, info di sini, sementara untuk workshop kaya dengan reksa dana bisa ikutan di sini, atau bisa juga ikutan di workshop full nya di kelas Basic FP infonya di sini.

Anda juga bisa melakukannya dengan belajar perencana keuangan bersertifikasi secara online secara mandiri (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita. Untuk info-info kelas secara online (self study) baik yang gratisan ataupun biaya terjangkau sekali, bisa dilihat di sini.

Lalu, apalagi nih trik menabung yang benar? Akan dibahas lebih lengkap lagi di artikel berikutnya. Simak terus ya.


(eds/eds)