Tips Berlangganan Aplikasi Secara Bijak (1)

Michelle Vidia Arthamevia – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 18 Okt 2021 07:00 WIB
Netflix
Tips Berlangganan Aplikasi Secara Bijak (1)
Jakarta -

Keadaan pandemi seperti ini, membuat kita mau tidak mau melakukan segala aktifitas dengan menggunakan smartphone yang sekarang fungsinya bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi dan mencari informasi saja tetapi juga bisa menjadi alat untuk menghibur diri.

Dengan tersedianya berbagai aplikasi yang dapat diunduh, tak jarang demi kepuasan pribadi maupun demi mengurangi mobilitas keluar rumah kita memutuskan untuk membeli/ berlangganan (subscribe) aplikasi premium. Contohnya dengan menggunakan smartphone, kita bisa menyaksikan film tanpa harus pergi ke bioskop.

Jenis aplikasi berbayar yang paling banyak diunduh ini beragam, mulai dari social media, streaming dan broadcast, hingga penyimpanan data online. Aplikasi yang dimaksud seperti Netflix, Spotify, HBO GO, Ternak Uang, Big Alpha, dan lain-lain.

Apa kalian tahu berapa harga berlangganan (subscribe) layanan-layanan aplikasi tersebut untuk dapat dinikmati? Berikut daftar langganan (subscribe) aplikasi premium yang banyak diminati di Indonesia beserta tarif berlangganan.

1. Netflix

Netflix merupakan layanan streaming berbayar untuk menonton berbagai jenis film dan acara serial TV melalui berbagai perangkat seperti komputer, televisi, dan smartphone. Untuk mendaftar Netflix, kita memerlukan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Netflix memberikan pilihan harga paket yang berbeda-beda sesuai dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing paket. Berikut daftar harga paket Netflix:

Ponsel Rp 54.000
Dasar Rp 120.000
Standar Rp 153.000
Premium Rp 186.000

2. Spotify

Spotify merupakan layanan streaming audio melalui perangkat televisi dan smartphone. Aplikasi Spotify sebenarnya dapat digunakan secara gratis tetapi mereka juga menyediakan layanan premium bebas iklan untuk pengguna yang bersedia berlangganan. Spotify menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran dan paket sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Berikut daftar harga paket Spotify dan fasilitas yang di dapat.

a. Mini
- Mulai dari Rp 2.500/ hari atau Rp 9.500/ minggu sekali bayar berlaku untuk 1
akun
- Group Session
- Download 30 lagu di 1 perangkat seluler

b. Individual
- Gratis untuk langganan bulan pertama, lalu membayar Rp 49.990/ bulan yang
bisa sekali bayar atau berlangganan yang berlaku untuk 1 akun.
- Group Session
- Download 10.000 lagu/perangkat di lima (5) perangkat

c. Duo
- Gratis untuk langganan bulan pertama, lalu membayar Rp 64.990/ bulan yang
bisa sekali bayar atau berlangganan yang berlaku untuk 2 akun.
- Untuk pasangan yang tinggal serumah
- Group Session
- Download 10.000 lagu/ perangkat di lima (5) perangkat

d. Family
- Gratis untuk langganan bulan pertama, lalu membayar Rp 79.000/ bulan yang
bisa sekali bayar atau berlangganan yang berlaku untuk 6 akun.
- Untuk keluarga yang tinggal serumah
- Blokir musik eksplisit
- Group Session
- Download 10.000 lagu/ perangkat di lima (5) perangkat.

Selain menyediakan berbagai macam paket, Spotify juga mengadakan diskon khusus untuk pelajar atau mahasiswa yang memenuhi syarat.

Kok keliatannya harus tahu detil ya? Betul sekali, bagaimana kita bisa mengambil keputusan untuk memilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kita bila kita tidak mengetahui hal-hal detil untuk bisa dijadikan perbandingan sebelum mengambil keputusan kan?

Demikian juga dengan keuangan lainnya. Untuk belajar mendetilkan perhitungan keuangan yang paling mudah, kamu bisa ikut workshop simplenya seperti di sini, sementara untuk belajar investasi terutama di reksa dana bisa cek di sini. Nah workshop ini juga ada versi Syariahnya, untuk info bisa dilihat di sini ya .

Kamu juga bisa melakukannya dengan belajar perencana keuangan bersertifikasi secara online secara mandiri (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita. Untuk info-info kelas secara online (self study) baik yang gratisan ataupun biaya terjangkau sekali, bisa dilihat di sini.

Ok baru dibahas 2 nih, kira-kira langganan apa lagi yang kamu lakukan selama ini yang bila dijumlahkan nominalnya ternyata lumayan juga lho. Dan bila nominal tersebut diinvestasikan secara rutin bulanan ternyata bisa bikin kamu jadi kaya lhooo. Kita bahas di artikel berikutnya ya.

(fdl/fdl)