Manfaat Nabung Emas yang Perlu Kamu Ketahui

Sponsored - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 19:01 WIB
Manfaat Nabung Emas yang Perlu Kamu Ketahui
Foto: Pegadaian
Jakarta -

Emas merupakan salah satu benda yang memiliki nilai tinggi. Oleh karena itu, emas tidak hanya dijadikan sebagai aksesoris tambahan untuk pendukung fashion saja, tetapi juga digunakan untuk investasi.

Sebagai bentuk investasi, menabung emas tentu memiliki manfaat besar di masa depan. Seperti apa sih manfaat yang didapat dari menabung emas? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Menabung Emas

Ada banyak keuntungan apabila Anda mau menginvestasi dana dalam bentuk emas. Dalam beberapa jenis yang dikenal, emas batangan adalah pilihan investasi emas yang tepat. Logam mulia ini memiliki keunggulan dibandingkan investasi lain, semisal saham atau reksadana. Nah, berikut ada sejumlah manfaat menabung emas yang perlu Anda tahu.

1. Emas Diterima oleh Dunia Internasional

Untuk diketahui, emas menjadi komoditas yang diakui oleh orang-orang di seluruh dunia. Nilai yang dikandung emas juga telah disepakati oleh banyak pihak. Selain itu, bila melihat dari faktor sejarah, sejak zaman nenek moyang dahulu emas digunakan sebagai alat tukar. Oleh karenanya, nilai logam mulia tersebut tetap bertahan hingga saat ini.

2. Nilai Emas yang Stabil

Manfaat emas lain adalah volatilitas. Emas boleh dibilang memiliki volatilitas yang lebih rendah dibandingkan instrumen investasi lain. Volatilitas dalam emas merupakan ukuran mengenai harga yang tidak cepat berubah dalam waktu singkat. Harga emas tidak mungkin bisa naik drastis secara tiba-tiba atau sebaliknya. Maka dari itu, nilai emas cenderung stabil saat ini.

3. Emas Sangat Bermanfaat dalam Kondisi Ketidakpastian Ekonomi

Kebanyakan investor akan membeli emas sebagai investasi dalam kondisi ketidakpastian. Dalam hal ini, kondisi ketidakpastian politik dan ekonomi menjadi bayang-bayang yang menghantui banyak orang. Maka, bagi mereka yang memiliki kekayaan, tentunya investasi emas memiliki manfaat yang besar. Emas akan dijadikan aset pengamanan kekayaan dengan risiko kerugian yang kecil.

4. Emas Bisa Diperjualbelikan Secara Online

Sekarang, Anda bisa berinvestasi emas secara online, termasuk jual beli emas. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, transaksi emas bisa dilakukan lebih cepat dan mudah. Melakukan investasi emas online bisa memakai platform seperti G24 Mobile Apps dari Galeri 24. Fiturnya memudahkan pelanggan, salah satunya adalah ATM Emas. Fitur ATM Emas mengadopsi konsep investasi online to offline. Untuk bertransaksi, pelanggan cukup mengunduh aplikasi di Google Play Store dan memilih menu ATM Emas. Kemudian, pelanggan bisa melihat detail emas yang ingin dibeli.

5. Emas Jadi Aset Pelindung Nilai Kekayaan

Manfaat emas terakhir adalah menjaga kekayaan. Menyimpan emas bisa dijadikan aset pelindung nilai kekayaan. Ketika terjadi inflasi, nilai uang sangat mungkin akan anjlok, namun tidak bagi nilai emas. Seandainya mata uang internasional seperti dolar turun, maka nilai emas tetap terjaga bahkan bisa naik. Oleh karenanya, emas akan menjaga aset kekayaan yang Anda miliki.

Bagi pemula, memilih emas sebagai instrumen investasi adalah pilihan tepat karena memiliki risiko yang minim. Secara fisik, kondisi emas tidak akan ada perubahan signifikan meskipun disimpan dalam jangka waktu lama. Hal ini tentu tidak akan mempengaruhi kualitas dan nilainya sehingga, Anda bisa terhindar dari kerugian atas nilai yang menurun.

Beli Perhiasan Emas di Galeri 24

Melalui Galeri 24, masyarakat bisa melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis emas. Galeri 24 adalah perusahaan retail emas dan perhiasan yang juga merupakan anak perusahaan PT Pegadaian Persero. Dengan ratusan outlet yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, Galeri 24 menyediakan emas berbentuk logam mulia dari berbagai vendor untuk keperluan investasi jangka panjang Anda.

Selain itu, Galeri 24 juga menjual perhiasan emas berkualitas dengan desain trendy dan up to date, serta batu mulia seperti berlian yang bersertifikat. Perlu diketahui, semua emas yang dijual oleh Galeri 24 sudah lulus quality control dan bersertifikat resmi. Selain itu, Anda juga bisa mendapat keuntungan saat menjual kembali karena pelanggan tidak akan dikenakan potongan biaya apapun saat menjualnya kembali dan harga jual kembali mengikuti harga emas per hari itu.

(Content Promotion/Pegadaian)