Menemukan Gaya Hidup Terbaik Biar Bisa Merdeka Finansial (Bagian 3)

ADVERTISEMENT

Menemukan Gaya Hidup Terbaik Biar Bisa Merdeka Finansial (Bagian 3)

Lolita Setyawati-Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Rabu, 08 Des 2021 07:50 WIB
Beautiful woman with money jar. Bankruptcy concept.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/D-Keine
Jakarta -

Merdeka Finansial? Memangnya bisa?

Menyambung dari dua artikel sebelumnya, bagaimana sih caranya bisa mencapai merdeka financial dengan frugal living? Nah, kita akan bahas lanjutannya ya.

2. Me-minimalisasi rumah

Biaya tempat tinggal adalah salah satu komponen biaya terbesar dalam anggaran keuangan seseorang, karena memang harga tempat tinggal sendiri sudah cukup tinggi. Apabila seseorang menyewa tempat tinggal, maka ia tidak hanya harus mengeluarkan biaya sewa per bulan atau per tahun, tapi juga biaya kebersihan rumah yang tidak sedikit.

Sedangkan kalau seseorang yang membeli rumah secara KPR, maka ia harus membayar cicilan KPR yang biasanya merupakan salah satu porsi terbesar dalam anggaran
keuangannya. Belum lagi biaya perawatan dan perbaikan rumah, serta pajak yang harus dibayar per tahun. Semakin banyak dana digunakan untuk membiayai tempat tinggal tentunya akan mengurangi porsi dana yang bisa disisihkan untuk tabungan/investasi.

Untuk tempat tinggal, mungkin bisa dipertimbangkan untuk berbagi dengan penyewa lain atau memilih unit yang lebih kecil. Karena semakin besar tempat tinggal maka biaya listrik, air, perawatan dan sebagainya biasanya juga lebih tinggi.

3. Membuat jadwal dan daftar makanan

Setelah biaya tempat tinggal, biaya kebutuhan hidup berupa makan minum juga merupakan salah satu komponen terbesar. Tidak hanya untuk kebutuhan makan sehari-hari di hari kerja tapi justru biasanya pengeluaran terbesar adalah untuk biaya makan pada akhir pekan.

Untuk menjaga supaya biaya makan tidak kebablasan, bisa diatasi dengan membuat jadwal makan setiap hari mulai dari makan pagi hingga malam.

Dengan dibuat perencanaan semacam ini maka jumlah biaya makan sampai satu bulan ke depan dapat diperkirakan. Jadwal makan ini juga mempermudah saat merencanakan untuk membuat daftar belanja mingguan dan bulanan. Jadi saat membuat daftar belanja tinggal mengacu ke jadwal makan yang sudah kita buat dan juga dengan memperhatikan ada bahan makanan apa saja yang masih tersedia di rumah. Sedangkan untuk akhir pekan, buatlah anggaran makan yang wajar sesuai kemampuan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT