Orang Tua Wajib Tahu! Ini Cara agar Anak Tak Jadi Generasi Sandwich

ADVERTISEMENT

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Cara agar Anak Tak Jadi Generasi Sandwich

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 23:05 WIB
Pegadaian
Foto: Pegadaian
Jakarta -

Fenomena generasi sandwich menjadi hal yang sering kali dibahas akhir-akhir ini. Pasalnya, saat ini banyak orang yang terjebak dan harus hidup membiayai orang tua sekaligus anaknya.

Kondisi terhimpit untuk membiayai generasi di atas dan generasi di bawah inilah yang membuat generasi tersebut dikatakan sebagai generasi sandwich. Untuk menghindari generasi sandwich, penting bagi orang tua untuk mempersiapkan masa tua yang nyaman. Adapun hal ini bisa dilakukan dengan berinvestasi.

Investasi untuk Masa Tua

Bicara soal investasi, ada berbagai instrumen yang bisa dipilih dan dikategorikan berdasarkan dengan tingkat risikonya. Bagi yang baru mencoba investasi dan belum berani mengambil risiko tinggi, investasi emas bisa jadi solusinya.

Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan berinvestasi emas. Beberapa di antaranya emas tahan inflasi, nilainya cenderung naik dalam jangka panjang, dan mudah dicairkan.

"Dengan investasi emas, kita seperti membeli masa depan dengan harga sekarang," ujar Senior Vice President Pemasaran PT Pegadaian, Elvi Rofiqotul Hidayah dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Seperti dikutip dari website Antam, harga emas Antam di tahun 2016 sekitar Rp600.000 per gram. Lima tahun kemudian, pada tahun 2021, harga emas naik menjadi sekitar Rp900.000 per gramnya. Adapun kenaikan harga emas dalam kurun waktu 5 tahun mencapai sekitar 50%.

Cara Investasi Emas

PT Pegadaian saat ini menghadirkan berbagai cara untuk melakukan investasi emas. Pertama, menggunakan Tabungan Emas Pegadaian. Tabungan Emas adalah investasi emas yang bisa dimulai dengan 0,01 gram atau sekitar Rp9.000 dengan jaminan keamanan karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Selain dengan Tabungan Emas, bisa juga melakukan investasi emas dengan sistem cicilan atau disebut Cicil Emas. Nasabah bisa memilih berat dan merek emas, kemudian menentukan uang muka dan jangka waktu cicilan sesuai kebutuhan. Emas batangan pun bisa dibawa pulang setelah cicilan lunas.

Elvi mengatakan kedua cara tersebut dapat dilakukan dengan transaksi di aplikasi Pegadaian Digital yang diunduh melalui Playstore dan App Store. Sampai tanggal 31 Desember 2021, Pegadaian juga menghadirkan promo Festival Diskon Nasional.

Dengan membuka rekening Tabungan Emas, nasabah bisa mendapatkan diskon 20% dengan kode promo MULAINABUNG. Untuk top up Tabungan Emas, terdapat potongan hingga Rp50.000 dengan kode promo NABUNGEMAS yang dapat digunakan berkali-kali. Ada pula diskon Rp10.000 per gram untuk Cicil Emas dengan kode promo CICILEMAS.

"Berbagai promo ini dihadirkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya bagi para orang tua akan pentingnya investasi emas," kata Elvi.

Elvi menyampaikan investasi emas nantinya dapat menjadi modal untuk hidup di masa depan. Dengan demikian, masa pensiun bisa dilakukan dengan tenang dan sejahtera tanpa membebani anak di masa tua. Selain itu, menyiapkan dana untuk masa tua juga dapat membantu memutus rantai generasi sandwich.

Informasi terkait promo lainnya dapat dilihat di sini.

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT