Memahami Ciri dan Tantangan Sang Investor Milenial (2)

Lolita Setyawati-Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Rabu, 05 Jan 2022 07:40 WIB
Kaum milenial susah beli rumah
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo

Selain karakteristik di atas, generasi milenial saat ini juga dihadapkan pada beberapa tantangan berikut:

1. Persaingan dalam dunia pekerjaan dan usaha
Jumlah penduduk usia generasi milenial sebesar 69,9 juta jiwa adalah jumlah yang cukup besar. Mereka saat ini telah memasuki dunia pekerjaan dan usaha.

Jumlah yang besar ini tentunya sangat berpengaruh pada tingkat persaingan yang cukup berat, yang berakibat pada ketidakpastian memperoleh penghasilan. Mereka akan dihadapi pada masalah seperti bagaimana memperoleh penghasilan yang cukup untuk memenuhi gaya hidup? Bagaimana mengamankan dan mengembangkan harta dari penghasilan tersebut sehingga dapat memenuhi tujuan-tujuan keuangan di masa depan?

2. Inflasi yang terus meningkat
Inflasi adalah musuh besar dari nilai harta kekayaan. Menurut data BPS, inflasi rata-rata di Indonesia sejak Tahun 2018 sampai dengan September 2021 adalah berkisar antara 1,32-3,57%.

Namun demikian kenyataan yang ada di lapangan, inflasi dapat mencapai 5-10% dan bahkan 18% untuk dana pendidikan. Mengingat generasi milenial masih berada pada periode antara belum menikah sampai dengan keluarga muda, maka kebutuhan mereka di masa depan sangatlah besar terutama untuk kepemilikan rumah,
dana pendidikan dan dana pensiun. Oleh sebab itu, generasi milenial harus mampu mengelola penghasilannya untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Menentukan nilai inflasi ini sangat fatal dalam proses perhitungan sebuah perencanaan keuangan. Itulah sebabnya penting untuk bisa dipelajari.

Bila berminat untuk belajar, kamu juga bisa belajar dengan melakukannya melalui workshop/kelas perencana keuangan bersertifikasi secara online secara mandiri (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita atau juga workshop baik daring maupun secara langsung. Untuk info-info kelas secara online (self study) baik yang gratisan ataupun biaya terjangkau sekali, bisa dilihat di sini.

Dua tantangan terbesar bagi generasi milenial untuk berinvestasi sudah dibahas di artikel kali ini, masih ada 3 lagi. Apa sajakah itu? Akan kita bahas di artikel selanjutnya.


(eds/eds)