ADVERTISEMENT

Live d'Mentor: Financial Freedom di Usia Dini

vys - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 11:29 WIB
Jakarta -

"Edukasi dan literasi keuangan merupakan kemampuan dasar yang penting dan wajib dimiliki setiap individu, agar lebih melek dan cerdas berkeuangan, sehingga pada akhirnya dapat berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional,"

Demikian pesan anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Tirta Segara. Pesan penting itu ia sampaikan dalam peluncuran Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 Desember 2021 lalu.

Berdasarkan survey Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang terakhir dilaksanakan pada 2019, indeks literasi keuangan masyarakat mencapai angka 34,53% di wilayah perkotaan dan 41,41% di wilayah pedesaan. Artinya, belum setengah dari masyarakat Indonesia memahami arti pentingnya mengelola keuangan.

Sementara itu, harga kebutuhan primer, baik sandang, pangan, maupun papan tidak pernah mengalami penurunan. Begitupun di masa pandemi. Meski masih banyak yang menghabiskan waktu di rumah, namun cenderung terjadi peningkatan kebutuhan, seperti listrik, air, hingga kuota internet. Kebutuhan-kebutuhan itu perlu dipikirkan tata kelola keuangannya.

Selain kebutuhan dasar, terjadi pula tren peningkatan belanja online di sejumlah platform e-commerce. Peningkatan itu bahkan terjadi di masa-masa pembatasan sosial.

Pada desember2021 lalu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memperkirakan nilai transaksi e-commerce pada tahun 2021 sebesar Rp 403 triliun. Ia memprediksi tren peningkatan akan berlanjut hingga di level 31.4 persen atau Rp 530 triliun.

Berbagai jenis jebakan finansial yang disebabkan oleh gaya hidup, menyebabkan orang merasa kesulitan untuk menentukan mana keinginan dan kebutuhan. Di sisi lain, muncul tren gaya hidup yang mengajak para pelakunya untuk berpikir lebih dalam tentang pengelolaan keuangan dengan tujuan kemerdekaan finansial.

Kemerdekaan finansial atau financial freedom merupakan titik dimana seseorang sudah memiliki investasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ingin tahu lebih banyak tentang financial freedom, cara memulainya, dan bagaimana cara mencapainya?

Saksikan d'Mentor dengan tema "Financial Freedom di Usia Dini", malam ini pukul 19.00 WIB, bersama praktisi frugal living, Samuel Ray, dan seorang perencana keuangan Safir Senduk.

(vys/ids)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT