Mau Merdeka Finansial Sebelum Usia 30? Begini Kiat Atur Keuangannya

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 15:47 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak orang, terutama anak muda bermimpi ingin merdeka secara finansial saat berusia 30. Tapi, apakah mungkin bisa?

Melansir Investopedia, bukan hal mustahil untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda, asalkan disiplin dalam mengatur keuangan. Selain itu, harus mempunyai prinsip kuat agar tidak gampang terpengaruh dengan gaya hidup orang lain.

Apalagi meraih financial independence juga tidak bisa terjadi begitu saja sehingga perlu mempersiapkan diri sedini mungkin. Lantas apa saja yang harus dilakukan supaya bisa meraih kebebasan finansial di usia muda? Mengutip berbagai sumber, berikut strategi kelola keuangan yang bisa kamu terapkan.

Belajar Berhemat

Mengatur keuangan pada dasarnya tidak terlalu sulit dilakukan. Yang sulit adalah membatasi gaya hidup agar tidak berlebihan. Jika ingin cepat mencapai kebebasan finansial, yuk mulai berhemat dari sekarang.

Kamu bisa menerapkan prinsip living below your means. Sederhananya, prinsip tersebut mengajarkan untuk tidak berfoya-foya, dan hidup sesuai dengan besar pendapatan.

Siapkan Dana Darurat

Penghasilan setiap bulan sebaiknya tidak dihabiskan begitu saja. Kamu perlu menyisihkan sebagian untuk dana darurat.

Hal ini perlu untuk berjaga-jaga terhadap segala kemungkinan buruk yang akan terjadi di kemudian hari. Idealnya, jumlah dana darurat adalah minimal 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan tergantung jumlah tanggungan.

Mulai Investasi

Kiat selanjutnya tidak kalah penting dalam dalam menggapai kemerdekaan secara finansial. Ya, betul berinvestasi. Buat para pemula, kamu bisa mulai belajar mengenai jenis-jenis investasi, lalu coba salah satu yang menurutmu paling cocok.

Namun, lebih baik pilih instrumen investasi yang cenderung stabil dan memiliki risiko cukup rendah, seperti investasi reksadana dan emas.

Catat Pengeluaran

Yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu mencatat pengeluaran setiap bulannya. Karena jika pengeluaran tidak terlacak, maka bisa menghambat tercapainya cita-cita merdeka finansial di usia muda. Selain itu melacak pengeluaran juga menghindari dari kebiasaan boros, lho.

Kini, membuat catatan pengeluaran harian tidak sulit, misalnya dengan GoPay Jago. Ada banyak keuntungan jika membuka rekening Jago dari aplikasi Gojek di ponselmu. Mengelola keuangan semakin mudah dan praktis karena rekening Jago, atau disebut Kantong Jago, yang terhubung dengan Gojek bisa membantu mencatat keperluan harian, mulai dari transportasi, makan, hingga pembayaran tagihan.

Selain itu, keuangan juga menjadi lebih rapi dan teratur. Sebab kamu dapat membuat atau menambah Kantong Jago khusus untuk pengeluaran, tabungan, atau bikin Kantong bersama dengan teman atau keluarga.

Tidak hanya itu saja, isi ulang antara GoPay dan Jago juga bebas biaya. Jadi lebih hemat deh! Yang menarik, kamu bisa mendapat bunga 7% jika mendaftar GoPay Jago di aplikasi Gojek kamu sekarang. Jadi, tunggu apa lagi yuk buruan daftar, jangan sampai kelewatan promo menarik lainnya!

Informasi selengkapnya bisa kamu temukan di sini.



Simak Video "FinanSiap: Wadah Edukasi Untuk Para Investor Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)