Panduan Pensiun Bahagia di 2022

Dana Aditiasari - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 03:00 WIB
Jaminan Hari Tua
Foto: Jaminan Hari Tua (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Di permukaan, perencanaan pensiun tidak banyak berubah selama bertahun-tahun. Kamu bekerja, Kamu menabung dan kemudian detikers pensiun. Tetapi meskipun mekanismenya mungkin sama, generasi saat ini menghadapi beberapa tantangan yang tidak dikhawatirkan oleh generasi sebelumnya.

Pertama-tama, harapan hidup lebih lama, yang berarti Kamu akan membutuhkan uang Kamu untuk bertahan lebih lama - berpotensi hingga usia 90-an.

Di sisi lain, hasil obligasi juga jauh lebih rendah daripada sebelumnya, yang berarti Kamu tidak dapat membeli beberapa instrumen pendapatan tetap dan mendapatkan pengembalian dua digit. Lalu ada krisis kesehatan akibat pandemi virus Corona.

Hal ini diperparah oleh fakta bahwa semakin banyak perusahaan yang beralih dari pensiun manfaat pasti -yang menjamin Kamu sejumlah uang tertentu di tahun-tahun emas Kamu - ke program iuran pasti, yang lebih tunduk pada naik turunnya pasar.

Jadi, bagaimana Kamu bisa memiliki masa pensiun yang selalu Kamu inginkan? Bagaimanapun, pensiunan ingin mengalami semua hal yang tidak dapat mereka lakukan ketika mereka terlalu sibuk bekerja. Liburan perjalanan yang eksotis, lari maraton, menulis novel, menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga - kemungkinannya hampir tak terbatas.

Ada beberapa langkah, yang kami jelaskan dalam panduan pensiun ini seperti dikutip dari CNBC, Minggu (3/4/2022).

Panduan tersebut mulai dari penganggaran dan penetapan tujuan hingga memilih rekening tabungan pensiun yang tepat yang akan membantu Kamu memetakan rencana yang tepat untuk Kamu.

Berapa banyak yang perlu Kamu simpan untuk pensiun?

Salah satu bagian tersulit dalam mempersiapkan masa pensiun adalah memikirkan hidup sebagai 70-an. Banyak orang menjadi begitu kewalahan menabung untuk masa depan yang tidak diketahui, sehingga mereka akhirnya tidak menabung sama sekali. Untungnya, merencanakan masa pensiun tidak terlalu berat, tetapi Kamu memerlukan peta jalan - yang dapat berkembang seiring waktu - untuk membuat Kamu tetap pada jalurnya.

Tempat pertama untuk memulai adalah memikirkan seperti apa hidup Kamu di masa pensiun. Duduklah dengan pena dan kertas dan tuliskan tujuan pensiun Kamu.

Kemudian pikirkan berapa biaya semuanya. Kami tidak tahu seperti apa harga di masa depan, dan dalam beberapa tahun terakhir inflasi telah berjalan di bawah patokan Fed sebesar 2%, tetapi tingkat inflasi rata-rata di AS selama abad terakhir (1913-2013) adalah 3,22%. Jadi rencanakan harga yang lebih tinggi dalam beberapa dekade ke depan.

Kamu juga ingin memperhitungkan pengeluaran sehari-hari Kamu, seperti biaya perumahan, makanan, dan perawatan kesehatan.

Ingat, beberapa pengeluaran mahal yang Kamu miliki sekarang, seperti biaya hipotek atau penitipan anak, tidak akan ada lagi, yang dapat mengakibatkan penurunan pengeluaran Kamu secara keseluruhan saat Kamu mendekati masa pensiun.

Selanjutnya, tambahkan semua pendapatan yang mungkin Kamu terima di tahun-tahun pasca-kerja Kamu. Faktor dalam pendapatan pensiun jika Kamu memilikinya, pembayaran jaminan sosial dan dolar lainnya, seperti pendapatan sewa dari properti, yang mungkin datang kepada Kamu. Sesuaikan pendapatan dan pengeluaran dan Kamu akan mendapatkan ide bagus tentang apa yang perlu Kamu sisihkan untuk setiap tahun masa pensiun Kamu.

Bagaimana cara menghitungnya? Buka halaman selanjutnya.