5 Cara Agar Jadi Orang Kaya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 08 Jun 2022 15:02 WIB
ilustrasi orang kaya
Ilustrasi Cara Jadi Orang Kaya/Foto: Getty Images/acilo
Jakarta -

Jadi orang kaya adalah salah satu impian banyak orang di dunia ini. Menjadi kaya tentu saja memungkinkan kita memiliki kemampuan untuk membelanjakan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Ternyata ada lho cara agar cepat jadi orang kaya. Apalagi buat kamu yang tidak lahir dari keluarga kaya raya, tentunya tips dan cara agar cepat jadi orang kaya sangat cocok untuk dicoba. Tentunya hal ini juga dibuktikan dengan tindakan ya, bukan hanya sekedar keinginan dan ucapan dimulut saja.

Cara Agar Jadi Orang Kaya

Dikutip dari laman Investopedia dan lifehack, Rabu (7/6/2022), berikut adalah tips dan cara agar cepat jadi orang kaya:

1. Hasilkan Lebih Banyak Uang

Memang, untuk menjadi kaya kita perlu menghasilkan lebih banyak uang. Tentunya hal ini juga perlu dilakukan dengan kerja keras, tetapi kamu juga memiliki beberapa opsi untuk melakukan hal tersebut, misalnya:

  • Bekerja lembur
  • Mengambil pekerjaan kedua atau pekerjaan sampingan
  • Mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan potensi penghasilan kamu

Ambil setiap kesempatan, yang sekiranya bisa menjadi peluang terbaik kamu. Sejatinya, untuk menghasilkan uang yang lebih banyak kita juga perlu melakukan hal yang lebih ekstra. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya!

2. Mulai Menabung Lebih Awal dan Berhemat

Cara untuk bisa menjadi kaya adalah mulai menabung sejak awal. Dari sekarang, kamu harus bisa mengatur finansial dan menyimpanya untuk di tabung. Tingkat tabungan pribadi adalah persentase pendapatan yang tersisa, setelah orang menghabiskan uang.

Berapa tepatnya supaya hemat? Meskipun tidak ada jawaban yang benar dan salah, tapi sebagian besar perencana keuangan mengatakan bahwa, hal ini tergantung pada usia kamu, kamu harus menabung setidaknya 15% dari pendapatan kotor tahunan kamu.

3. Hindari Utang dan Pengeluaran yang Tidak Perlu

Utang memang sejatinya tidak selalu menjadi hal yang buruk dalam semua hal. Tapi, jika kita ingin cepat kaya maka kita sebisa mungkin menghindari utang. Caranya adalah dengan berhenti membeli barang yang tidak kamu butuhkan, apalagi kamu memaksakan untuk membelinya padahal uang kamu pas-pasan. Setiap uang yang kamu belanjakan untuk sesuatu yang tidak kamu butuhkan, lebih baik kamu investasikan.

Untuk itu, sebelum membeli sesuatu tanyakan pada diri kamu sendiri tentang hal-hal berikut:

"Apakah ini sesuatu yang benar-benar saya butuhkan?"

"Apakah saya sudah memiliki sesuatu yang serupa atau sama?"

"Apakah saya menginginkan ini, lebih dari keinginan saya menjadi seorang jutawan atau orang kaya?"

5. Membangun Portofolio Saham

Kamu juga bisa melakukan investasi saham yang stabil dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihlah dengan bijak dan investasikan kembali dividennya, maka kamu bisa membangun simpanan kekayaan yang besar. Dalam melakukan hal ini, kamu juga perlu mengetahui dan belajar lebih dalam melakukan investasi saham.

6. Potong Pengeluaran

Hidup di bawah kemampuan akan menjadi cara termudah untuk menjadi kaya. Lacak dan ketahui kemajuan finansial kamu secara konsisten, tentang berapa banyak yang telah dibelanjakan. Kamu bisa coba gunakan aplikasi atau hanya spreadsheet Excel, untuk memastikan kalau kamu selalu tahu berapa banyak uang yang kamu miliki dan ke mana perginya.

Hal ini bisa memberimu tempat yang tepat, untuk meninjau dan memperbaiki dalam hal pengeluaran Anda. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengurangi tagihan. Misalnya, pastikan mematikan lampu jika keluar rumah, makan ditempat sederhana saja, dan lain-lain.

Nah, itu tadi tips dan cara agar cepat jadi orang kaya. Nah, boleh banget tuh dicoba ya detikers!

Simak juga Video: Kata Pakar soal Financial Planning Berpeluang Bikin Cepat Kaya

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)