ADVERTISEMENT

Cek Nih! Tips Liburan Low Budget buat Keluarga

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 01 Jul 2022 22:09 WIB
ilustrasi keluarga liburan
Ilustrasi liburan keluarga/Foto: iStock
Jakarta -

Liburan sekolah nih... Hore! Momen ini banyak ditunggu-tunggu keluarga karena jadi kesempatan quality time bersama orang tersayang.

Salah satu faktor penting dalam menjalani liburan menyenangkan bersama keluarga adalah budget. Durasi serta tipe liburan yang dilakukan akan bergantung dari dana yang kita miliki.

Penting mengetahui tips liburan keluarga yang low budget (anggaran rendah) agar tidak mengganggu kondisi keuangan. Aturan utama dalam menikmati liburan adalah jangan membandingkan liburan kita dengan orang lain.

"Kenali apa yang bikin pasangan happy. Sebagai suami istri juga butuh liburan. Cari tahu apa yang kalian sukai, misalnya kuliner. Lalu ada yang suka melihat pemandangan, shopping, atau journaling," kata Family Financial Planner Wulan Siahaan, CFP di sesi HaiBunda Live, Selasa (28/6/22) lalu.

Apabila masih memiliki anak di bawah 10 tahun, tak perlu memaksakan diri untuk memberikan liburan mewah seperti jalan-jalan ke luar negeri. Sebab, anak mungkin belum akan mengerti dengan hal itu.

Beberapa agenda liburan yang dapat dilakukan bersama anak di antaranya yaitu staycation, one day trip, road trip, hingga campervan trip.

"Staycation di hotel sedang menjadi tren. Anak-anak tinggal mengikuti kegiatan yang disediakan oleh orang hotel. Misalnya menggambar, bercocok tanam, bertani, menanam padi. Saat ini ada resort yang menawarkan aktivitas dan jasa seperti itu," tutur Bonauli, jurnalis Detik Travel.

Untuk menghemat bujet, bisa juga mengemas liburan dalam satu hari. Agenda one day trip yang menarik dilakukan yaitu pergi mengunjungi kepulauan. Jika menginginkan perjalanan wisata yang lebih panjang, bisa coba road trip. Opsi lainnya adalah liburan dengan memakai campervan trip yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal selama liburan.

Informasi selengkapnya langsung klik di sini

(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT