ADVERTISEMENT

Dapat Gaji Ke-13 Baiknya Dipakai Investasi atau Penuhi Kebutuhan Harian?

Ilyas Fadillah - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 20:00 WIB
Tahun 2016 ini, PNS akan mendapatkan gaji ke-13 dan 14 yang cair bersamaan.
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Cairnya gaji ke-13 tentu ditunggu-tunggu oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Gaji ke-13 sudah mulai cair sejak hari Jumat, 1 Juli 2022, kemarin.

Terkait cairnya gaji ke-13 PNS, perencana keuangan menyarankan agar PNS bijak dalam mengelolanya. Perencana keuangan Mike Rini Sutikno mengatakan, gaji ke-13 sebaiknya tidak digunakan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

"Gaji ke 13 bukan untuk kebutuhan rumah tangga bulanan ya, jadi rule of thumb-nya itu dulu," kata Mike yang juga pendiri dari Mitra Rencana Edukasi kepada detikcom, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Mike, kebutuhan bulanan harus dipenuhi oleh gaji bulanan. Sementara gaji ke-13 sebaiknya difokuskan untuk kebutuhan yang lain. "Jadi gaji bulanan untuk harian, THR buat hari raya, nah gaji ke-13 sebaiknya dialokasikan untuk tabungan dan investasi," ujar Mike.

Mike berpendapat jika gaji ke-13 membuka kesempatan penerimanya untuk meningkatkan aset pribadi. Namun, ia menyebut PNS boleh-boleh saja membelanjakan gaji ke-13 untuk hiburan, asalkan proporsional.

Terkait investasi, bisa menyesuaikan dengan siklus finansial masing masing. Contohnya, PNS muda yang masih lajang dan baru berencana menikah, maka bisa berinvestasi untuk dana nikah atau DP rumah.

Hal tersebut berbeda dengan PNS di rentan usia 40 tahunan. Di usia 40-an tentu lebih banyak beban yang harus ditanggung, misalnya anak.

Apa yang berbeda? klik halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT