#77PortraitAnakBangsa

Semangat Prita Ghozie Dorong Keluarga Indonesia Cerdas Finansial

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Sabtu, 13 Agu 2022 20:59 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: Dok OPPO)
Jakarta - Mungkin kamu sudah tidak asing dengan nama Prita Ghozie. Sosoknya mulai dikenal lantaran sering wara-wiri di media sosial untuk membagikan tips mengatur dan merencanakan keuangan.

Prita lahir di Jakarta pada 1 Oktober 1980 silam. Sejak kecil, ia sudah akrab dengan hal-hal yang berbau uang dan saham. Sedari dulu juga Prita kecil sudah dididik untuk mandiri dalam mengelola uang jajannya. Hal ini wajar, mengingat sang ibu yang memiliki gelar sarjana ekonomi.

Ayahnya pun berkecimpung di dunia pasar modal. Sehingga tidak heran bila Prita telah memiliki ketertarikan untuk berinvestasi di reksa dana, bahkan di usia remaja. Meski diakuinya hanya dikunjungi sebulan sekali untuk melihat jumlah uang di sana.

Nalurinya soal hitung-menghitungnya pun 'seolah dipertajam' ketika memasuki bangku kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan kemudian mengambil program master di University of Sydney, Australia, tahun 2002.

Kini di samping perannya sebagai seorang istri dan ibu, Prita menjalani rutinitas sebagai pakar keuangan sekaligus CEO dari ZAP Finance. Melalui ZAP Finance, ia ingin mendorong literasi keuangan masyarakat Indonesia dimulai dari satuan terkecil, yakni ekonomi rumah tangga.

Sebab menurutnya, keluarga yang bisa bertahan dan tetap hidup nyaman pada saat krisis ekonomi, bukan mereka yang punya penghasilan tinggi. Justru mereka yang mampu mengalokasikan penghasilan menjadi aset investasi. Misi inilah yang dibawa oleh Prita saat merintis ZAP Finance. Prita bersama kawan-kawan juga membangun aplikasi untuk membuat rencana keuangan sederhana, yang mudah diakses oleh semua orang.

Selain berkipah di dunia profesional, ia juga menjadi Staf Pengajar program S1 Reguler untuk Departemen Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 2009. Di samping itu, Prita pun telah merilis deretan buku tentang perencanaan keuangan

Salah satunya buku 'MoneySmart Parent' yang ia tulis bersama Nadia Mulya, sebagai panduan keuangan bagi para orang tua baru. Ada pula buku 'Menjadi Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya' yang mengupas pentingnya pemahaman keuangan untuk dimiliki setiap perempuan. Mengingat hampir seluruh keputusan pembelian di dalam sebuah rumah tangga umumnya berada di tangan perempuan. (fhs/ega)