ADVERTISEMENT

#MerdekaFinansial

Merdeka Finansial, Merdeka dari Utang?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 19:55 WIB
redaktur pelaksana detikfinance angga aliya zakhrir rahman firdaus
Redaktur Pelaksana detikFinance Angga Aliya ZRF. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Merdeka! Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-77 tahun ini. Semoga di hari raya ini semakin banyak orang Indonesia yang merdeka secara finansial.

Apa sih sebenarnya merdeka secara finansial itu? Apakah nggak punya utang termasuk merdeka secara finansial? Mungkin tidak semudah itu juga.

Banyak tokoh hingga pakar yang punya definisi sendiri terkait merdeka finansial. Ada yang bilang kalau target keuangan sudah semuanya tercapai itu sudah masuk merdeka finansial.

Ada juga yang bilang kalau hidup bebas utang juga termasuk merdeka finansial. Ada juga yang lebih ekstrem yaitu punya banyak uang menumpuk disimpan di sana-sini termasuk sudah merdeka finansial.

Jadi mana yang benar? Semuanya bisa jadi benar, bisa jadi salah. Merdeka finansial itu tergantung dari sudut pandang masing-masing individu. Tergantung dari target dan tingkat kepuasan masing-masing.

Tentunya tujuan keuangan tiap manusia beda-beda, kebutuhannya beda, kepuasannya pun berbeda. Nah ada juga yang bilang begini, merdeka finansial adalah ketika uang bekerja untuk kita dan bukan kita bekerja untuk uang.

Memang tidak mudah untuk bisa mencapai titik di mana uang bekerja untuk kita, apalagi pasti kebanyakan dari kita masih bekerja untuk uang. Setiap hari kita bekerja demi dapat uang untuk bertahan hidup dan memenuhi target keuangan.

Namun perlu diingat ada juga orang yang uangnya bekerja sendiri untuk mereka. Wah emang ada ya?

Ada dong. Contohnya dengan cara berinvestasi di instrumen yang tepat. Tapi jangan di investasi bodong ya.

Banyak instrumen yang bisa mengamankan uang kita dan memberikan keuntungan lebih, misalnya investasi saham dan reksa dana, atau menjadi angel investor dengan menyimpan uang di startup, bisa juga jadi pemberi pinjaman di peer to peer lending, hingga membuka usaha dan bisnis sendiri.

Semua itu jenis investasi yang bisa dilakoni demi mengubah mindset 'kita bekerja untuk uang' menjadi 'uang bekerja untuk kita'. Sekali lagi, memang tidak mudah untuk sampai pada target tersebut dan tidak sedikit pula yang gagal.

Namun tidak ada salahnya mencoba dari sekarang supaya perlahan-lahan kita bisa merdeka secara finansial.

Sebagai informasi, Indonesia kembali merayakan hari kemerdekaannya. Di tahun ini, Indonesia memasuki usia ke-77 tahun. Bagi Indonesia 77 tahun yang lalu, merdeka berarti terbebas dari penjajahan. Namun di masa kini, merdeka tentu memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77, detikcom menginisiasi kampanye 'Merdeka Bagi Mereka'. Di kampanye ini akan ada kumpulan kisah inspiratif tentang arti 'Merdeka Bagi Mereka' dari berbagai figur dan perspektif.

Simak terus kampanye 'Merdeka Bagi Mereka' mulai 17 Agustus 2022 di Sini!

(ang/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT