ADVERTISEMENT

ATM Terlanjur 'Digondol' Pacar Gara-gara Bucin, Harus Bagaimana?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 27 Agu 2022 16:30 WIB
BRISTOL, UNITED KINGDOM - AUGUST 11:  In this photo illustration a woman uses a credit card to buy something online on August 11, 2014 in Bristol, United Kingdom. This week marks the 20th anniversary of the first online sale. Since that sale - a copy of an album by the artist Sting - online retailing has grown to such an extent that it is now claimed that 95 percent of the UK population has shopped online and close to one in four deciding to shop online each week.  (Photo Illustration by Matt Cardy/Getty Images)
Foto: GettyImages
Jakarta -

Sempat viral di media sosial TikTok sebuah video tentang seorang pria bucin (budak cinta) ditinggal menikah oleh sang kekasih. Yang membuat heboh, selama tujuh tahun pacaran, pria ini telah rela memberikan gaji dan ATM kepada sang wanita.

Hal ini membuka fakta tidak sedikit masyarakat yang melakukan hal serupa, yakni membagi akses keuangan pribadinya ke orang lain. Bahkan, hal ini menjadi lumrah di beberapa kalangan.

Di sisi lain, tidak sedikit pula yang dikhianati oleh orang kepercayaan yang memiliki akses tersebut hingga sejumlah uang pun raib. Lalu langkah apa yang harus kita lakukan bila mengalami hal demikian?

Pakar Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Namun, semua itu tergantung pada sang pemilik harta apakah masih mau memercayakan akses keuangannya atau tidak.

"Kalau mereka wajib tahu ya nggak apa-apa. Tapi dijelaskan kembali, akses ini diberikan karena mereka dipercaya dan untuk keperluan apa saja," ujar Andy kepada detikcom, Sabtu (27/8/2022).

Lebih lanjut Andy menambahkan, apabila kejadiannya terus berulang hingga menyebabkan sang pemilik merugi, pun telah hilang kepercayaan, pemilik bisa mengambil opsi ganti PIN ATM dan meminta kartunya kembali.

"Tapi kalau udah sering disalahgunakan dan nggak bisa diberi pengertian, ya ganti aja PIN ATM-nya dan kartunya di tarik," tambahnya.

Lain halnya jika hal seperti yang menimpa pria di video terjadi hingga kartu ATM tidak dikembalikan, Andy mengatakan pemilik bisa ambil tindakan pemblokiran kartu ATM ke bank.

"Kalau mungkin sudah sedemikian percaya dan sayangnya, kemudian ditinggal nikah dan ATM nggak dibalikin lagi, bisa aja lapor ke bank. Oh kartu ATM saya hilang, jadi bisa minta diblokir dan punya kartu baru," tambahnya.

Lanjut halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT