ADVERTISEMENT

Tips Atur Gaji Biar Saat Tanggal Tua Nggak Boncos

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 06:45 WIB
Uang Gaji
Foto: iStock
Jakarta -

Penghasilan Anda secara nominal mungkin cukup, namun ketika mulai digunakan kok belum habis bulan sudah menipis? Jika itu terjadi, mungkin ada yang salah dengan cara mengatur gaji tersebut.

Nah, agar tidak kehabisan uang di akhir bulan, perlu paham betul cara mengatur gaji untuk pengeluaran. Bagaimana caranya?

Menurut Tommy Hilman, perencana keuangan dari Finante.id, merencanakan pengeluaran setiap bulan adalah salah satu hal penting perl dijalani ketika sudah memiliki pendapatan sendiri. Tidak hanya penting untuk masa kini, tetapi juga penting untuk masa depan, seperti mencapai merdeka finansial.

"Kita perlu merencanakan pengeluaran setiap bulannya supaya keuangan dalam bulan itu sesuai dengan apa yang sudah direncanakan," kata Tommy Hilman dikutip HaiBunda, Rabu (7/9/2022).

Artinya, bisa mengatur jumlah pengeluaran agar tidak lebih besar dari apa yang direncanakan. Selain itu, hal ini juga akan membantu terhindar dari utang dan pinjaman.

"Pada akhirnya, kita tidak akan sengsara di akhir bulan," kata Tommy.

Berikut ini beberapa tips mengatur gaji agar tidak sengsara di akhir bulan:

1. Membuat anggaran keuangan

Hal utama yang perlu Bunda lakukan adalah membuat anggaran keuangan. Bunda perlu menyusun pengeluaran mulai dari kebutuhan pokok hingga dana darurat. Tak hanya itu, saat menyusun anggaran, Bunda juga perlu membuat prioritas pengeluaran.

Misalnya donasi atau sedekah, investasi atau untuk tabungan masa depan, premi asuransi, cicilan rumah, kendaraan, atau barang lainnya, hingga untuk pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulan untuk mengisi kebutuhan sehari-hari.

Untuk membaca tips lainnya langsung klik di sini

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT