Punya Gaji Mini Tapi Nggak Cuma Numpang Lewat? Begini Caranya

ADVERTISEMENT

Punya Gaji Mini Tapi Nggak Cuma Numpang Lewat? Begini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 29 Okt 2022 12:58 WIB
Uang Gaji
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Tanggal gajian adalah yang sangat dinanti-nantikan oleh para pekerja. Tapi kadang gajian terasa cuma numpang lewat di rekening, terlebih buat yang nominalnya masih pas-pasan.

Hal ini karena biasanya kebutuhan dan keinginan seperti tak ada habisnya. Gaji yang didapat seperti lenyap begitu saja.

Dikutip dari Instagram Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ada beberapa tips untuk mengatur gajian supaya nggak cuma numpang lewat. Berikut tipsnya:

Pertama, catat pemasukan dan pengeluaran. Ini untuk mengatahui aliran dana dan memilah mana yang merupakan prioritas kebutuhan dan keinginan.

Kedua, atur prioritas kebutuhan utama seperti biaya hidup sehari-hari, transportasi dan utang yang harus dilunasi. "Dari alokasi ini kamu bisa tahu sisa anggaran yang dimiliki," tulisnya, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Ketiga, bayar cicilan atau tagihan utang. Ini harus diutamakan dan pembayaran harus tepat waktu agar tidak terkena denda yang bisa memberatkan keuangan.

Keempat, pisahkan anggaran untuk tabungan. Misalnya membagi tabungan dalam rekening terpisah untuk membantumu disiplin menabung dan mudah mengatur alokasi anggarna.

Kelima, mulai berinvestasi. Ini bisa jadi pilihan untuk memperoleh keuntungan dan menambah keuangan. "Tapi jangan lupa pelajari dan pilih investasi yang memiliki manfaat dan risiko sesuai kebutuhanmu. Cek izinnya juga ya!," tambahnya.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT