ADVERTISEMENT

6 Tips Meninjau Kembali Kondisi Keuangan di Akhir Tahun

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 07:15 WIB
Ilustrasi Perencanaan Keuangan
Ilustrasi perencanaan keuangan/Foto: Shutterstock
Jakarta -


Menjelang akhir tahun ada baiknya Anda melakukan review alias meninjau kembali semua target, termasuk kondisi keuangan. Hal ini perlu agar bisa melakukan peningkatan yang dibutuhkan, baik dalam hal pencapaian maupun kestabilan.

Selain itu, review keuangan membantu untuk mengetahui kesalahan sekaligus cara memperbaikinya.

"Akhir tahun juga bisa dibilang adalah saat yang tepat untuk melakukan review terhadap pengelolaan keuangan pribadi, sebab di penghujung tahun kita bisa mengevaluasi apakah tujuan keuangan kita sudah terlaksana dengan baik dan sudah sesuai rencana di awal tahun," jelas Liliyan Haningtyas, perencana keuangan dari Finante.id dikutip dari HaiBunda, Jumat (11/11/2022).

Berikut 6 tips melakukan review keuangan di akhir tahun

1. Melihat catatan keuangan

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan ketika melakukan review keuangan adalah melihat kembali catatan cashflow, cek apakah kondisi keuangan Bunda sudah seimbang atau ada kekurangan di setiap pos-pos keuangan?

"Misalnya setelah ditelaah pos pengeluaran untuk lifestyle lebih berat karena kita susah mengontrolnya. Kebiasaan membeli kopi di cafe yang terlalu sering, atau kebiasaan berburu diskon, sale yang sering kebablasan hingga menguras dompet," ujar Liliyan.

2. Me-review jumlah tanggungan

Apakah tahun depan tanggungan keluarga bertambah? Atau tahun ini tanggungan keluarga berkurang? "Ini juga mempengaruhi keuangan, bertambah atau berkurangnya anggota keluarga membutuhkan penyesuaian keuangan, konsumsi, transportasi, dan lain-lain," jelas Liliyan.

3. Cek kembali dana darurat

Menurut Liliyan, jumlah ideal dana darurat adalah 6 kali dari pengeluaran bulanan. Jika sudah berkeluarga, sebaiknya siapkan dana darurat sekitar 12 kali dari pengeluaran. Dana darurat ini berguna untuk hal-hal yang tak terduga.

3 tips selanjutnya ada di halaman berikutnya. Langsung klik di sini

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT