Mau Keuangan Lebih Sehat di 2023? Wajib Terapkan 4 Hal Ini!

ADVERTISEMENT

Mau Keuangan Lebih Sehat di 2023? Wajib Terapkan 4 Hal Ini!

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 10 Jan 2023 17:56 WIB
Ilustrasi menabung
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tahun baru 2023 menjadi momen yang tepat untuk menyusun resolusi demi transformasi ke arah yang lebih baik. Termasuk dalam hal mengatur keuangan.

Di tahun lalu, kamu mungkin belum berhasil mengelola keuangan dengan baik karena beberapa faktor. Hal ini membuat target finansial sulit tercapai. Namun jangan khawatir, karena kamu dapat memperbaikinya agar finansial menjadi lebih baik pada tahun ini.

Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa kiat mengatur keuangan yang bisa kamu terapkan jika ingin finansial membaik di tahun yang baru.

1. Evaluasi Keuangan Tahun Lalu

Agar dapat mewujudkan keuangan yang sehat di tahun 2023, pertama-tama kamu harus mengevaluasi kebiasaan belanja dalam kurun waktu setahun terakhir. Cek lagi apakah pengeluaran dan pemasukan seimbang. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Artinya, uang yang dikeluarkan untuk berbelanja justru melampaui gaji yang diterima setiap bulan.

2. Lepaskan Diri dari Jerat Utang

Kamu tentu setuju jika utang dapat menjadi hambatan untuk mencapai resolusi finansial yang lebih baik. Karena itu sebisa mungkin menjauhkan diri dari utang. Apabila kamu masih memiliki utang yang tersisa, sisihkan anggaran lebih banyak agar utang segera lunas. Hindari denda karena terlambat membayar utang dan bunga utang semakin banyak.

3. Waspadai Gaya Hidup

Gaji yang besar tidak menjamin kondisi dompet juga sehat. Sebab berapa pun gaji yang kamu dapatkan, tidak akan berarti jika terus dihabiskan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Ingat, untuk bisa mencapai target keuangan yang lebih baik, maka gaya hidup harus dijaga.

Kamu tetap boleh memberikan self reward untuk diri sendiri dengan membeli barang yang diinginkan atau jalan-jalan. Namun, harus tetap pada porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan, ya!

4. Mulai Berhemat Kebutuhan Bulanan

Salah satu kendala mencapai keuangan yang sehat yaitu sulit mengontrol kebutuhan bulanan. Namun, ada cara ampuh untuk menekan pengeluaran, terutama ketika berbelanja kebutuhan bulanan. Salah satunya dengan memanfaatkan diskon dan promo.

Pas banget, karena ada promo Resolusi Cashback 2023 di Alfamart. Melalui promo ini, kamu bisa mendapatkan diskon cashback yang bikin dijamin bikin untung.

"Untuk memenangkan hati pelanggan, kali ini Alfamart kembali menghadirkan lagi program Resolusi Cashback. Mengulang sukses tahun lalu program ini kami persembahkan untuk para pelanggan khususnya member Alfamart dengan mekanismenya cukup berbelanja minimal Rp 70.000 bisa mendapatkan cashback 10% (maksimal cashback Rp 20.000 ). Nantinya cashback bisa digunakan di transaksi selanjutnya," kata CRM Manager Alfamart Deny Dwi Retnawati dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1/2023).

Promo ini bisa didapatkan untuk pembelian semua produk kecuali produk minyak goreng, rokok, pulsa, susu bayi di bawah 1 tahun, produk segar & beauty bae, serta Wall's Happy Delivery & Campina Delivery.

Voucher cashback akan tercetak di ekor struk setelah memenuhi syarat belanja (untuk pembelian di toko Alfamart). Adapun voucher yang didapat hanya bisa digunakan untuk pembelian di toko juga.

Voucher AlfamartFoto: Alfamart

Sementara itu, untuk pembelian di Alfagift akan muncul voucher cashback dalam menu 'Voucher' di aplikasi Alfagift. Khusus pembelian di Alfagift, cashback hanya bisa didapatkan untuk pembayaran menggunakan Virtual Account (VA) BCA dan Mandiri, ShopeePay, GoPay, atau Virgo. Nantinya, Cashback ini pun hanya bisa digunakan untuk transaksi di Alfagift.

Tidak hanya cashback, Deny menjelaskan Alfamart masih memiliki deretan program menarik lainnya bagi member setia Alfamart. Di antaranya bonus poin, diskon produk, program berhadiah, dan masih banyak benefit lainnya oleh member Alfamart.

"Kami juga berharap di tahun ini, para pelanggan setia Alfamart baik yang berbelanja offline di toko ataupun melalui online channel Alfagift semakin dapat merasakan promo-promo yang kami tawarkan dalam membantu melengkapi kebutuhan sehari-hari," tuturnya.

Segera gabung jadi member Alfamart dan belanja di Alfamart atau aplikasi Alfagift dalam periode 1 Januari hingga 28 Februari 2023 untuk mendapatkan cashback yang menguntungkan ini. Adapun periode penukaran voucher berlangsung pada 1 Januari hingga 5 Maret 2023.

(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT