5 Trik Jitu Bayar Tagihan Tepat Waktu, Jadi Teratur dan Anti Nunggak

ADVERTISEMENT

5 Trik Jitu Bayar Tagihan Tepat Waktu, Jadi Teratur dan Anti Nunggak

Danica Adhitiawarman - detikFinance
Senin, 16 Jan 2023 22:06 WIB
Ilustrasi tagihan
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Membayar tagihan bulanan terkadang tidak dilakukan tepat pada waktunya karena berbagai alasan seperti lupa, sibuk, atau tidak cukup dana. Alhasil, tagihan yang belum dibayar semakin menumpuk dan memberatkan nantinya.

Sebagian orang mungkin merasa membayar tagihan secara tepat waktu merupakan hal yang tidak mudah. Namun, dengan trik sederhana ini, kamu bisa selalu membayar tagihan tepat waktu dan terhindar dari tunggakan.

Berikut 5 trik membayar tagihan yang bisa kamu ikuti untuk agar tidak telat melakukan pembayaran.

1. Langsung Bayar Saat Itu Juga

Langsung lakukan pembayaran saat menerima tagihan. Kamu tidak perlu menunggu hingga tenggat waktu tagihan, sebab kamu bisa saja lupa jika menundanya.

2. Bayar Saat Gajian

Hari gajian merupakan momen yang tepat karena masih memiliki dana yang cukup untuk membayar tagihan. Jika dibayarkan di kemudian hari, bisa saja uang dari gaji sudah terpakai, sehingga tidak cukup untuk membayar tagihan. Selain itu, tanggal gajian juga bisa menjadi pengingat untuk membayar semua tagihan.

3. Buat Kalender Khusus untuk Tagihan

Kamu akan mudah mengingat kapan harus membayar tagihan jika memiliki kalender yang ditandai tiap tanggal jatuh temponya. Kamu bisa menggunakan kalender fisik, kalender digital yang terhubung ke alamat email, atau kalender yang tersedia dalam handphone.

Selain itu, tandai juga beberapa hari sebelum batas pembayaran tagihan untuk mengingatkan kamu ada tagihan yang sebentar lagi jatuh tempo. Jangan lupa untuk biasakan mengecek kalender secara berkala agar tidak melewatkan batas pembayaran.

4. Catat Setiap Tagihan dan Cek Secara Berkala

Buatlah catatan tagihan berupa daftar dan periksalah secara berkala agar selalu teratur. Kamu bisa membuat tabel dengan sejumlah kolom berisikan nama tagihan, tanggal menerima tagihan, dan tanggal jatuh tempo.

Kemudian, jangan lupa untuk menyisihkan waktu khusus setiap minggu untuk memeriksa keadaan finansial kamu, termasuk tagihan yang harus dibayar.

5. Manfaatkan Subscription di DANA

Agar kamu bisa makin on time setiap bayar tagihan, kamu bisa memanfaatkan Subscription di fitur My Bills di aplikasi DANA. Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan lho!

DANAFoto: dok. DANA

Pertama, pembayaran tagihanmu akan dilakukan secara otomatis setiap bulannya jadi kamu bisa terbebas dari telat. Nggak cuma itu aja, kamu pun juga akan diingatkan atau mendapat notifikasi sehari sebelum pembayaran tersebut.

Lalu, jika pembayaran gagal, penarikan tagihan bisa dilakukan otomatis maksimal 3 kali. Yang nggak kalah pentingnya, semua transaksimu bisa kamu cek di menu Riwayat di aplikasi DANA.

Jadi yuk, download & pakai aplikasi DANA sekarang juga! Jangan lupa untuk aktifkan Subscription di My Bills ya biar kamu bisa bayar tagihan tepat waktu.



Simak Video "Ibarat Google Maps, Ini Efek dari Bikin Perencanaan Keuangan"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT