Follow detikFinance
Selasa 13 Sep 2016, 17:28 WIB

Punya Uang Rp 5 Juta Tapi Bingung Investasi di Mana?

Dewi Rachmat Kusuma - detikFinance
Punya Uang Rp 5 Juta Tapi Bingung Investasi di Mana? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bagi investor pemula, memilih jenis investasi tentulah bukan hal yang mudah. Terlebih jika dana yang dimiliki tidak begitu besar. Kita ambil contoh sederhana.

Dengan dana Rp 5 juta, seorang investor ingin menempatkan dananya di instrumen investasi yang cenderung tidak terlalu fluktuatif.

Perencana Keuangan Aidil Akbar memberi pandangan. Untuk modal Rp 5 juta, investor bisa memulai dengan membeli obligasi ritel atau ORI atau sukuk ritel atau sukri.

"ORI, Sukri minimum beli Rp 1 juta tapi transaksinya per Rp 5 juta, balik lagi minimum amount-nya kan cukup tinggi, secara return relatif 8% dipotong pajak jadi 7%," kata Aidil kepada detikFinance akhir pekan lalu.

Selain itu, emas juga mungkin bisa jadi pilihan. Namun, kenaikan harga emas saat ini tidak setinggi dulu. Sejak kejatuhan harga emas dunia, rata-rata keuntungan emas hanya berkisar 6-7% per tahun.

"Untuk bisa beli emas kan minimal orang harus punya Rp 600.000 segram jadi kalau mau beli 5 gram harus punya Rp 3,5-4 juta, tergantung harga emas saat itu. Emas itu likuid siapa pun bisa jual ke toko emas, tapi harus punya save deposit box," ungkapnya.

Sementara untuk reksa dana, dengan uang Rp 5 juta bisa mendapatkan jumlah unit yang banyak. Investor bisa memilih jenis reksa dana yang ada sesuai dengan profil risikonya. Imbal hasil atau return-nya pun lebih tinggi, di atas bunga deposito maupun obligasi.

Bagi Head of Research PT Infovesta Utama Edbert Suryajaya, berinvestasi haruslah dengan kepala dingin. Pastikan kita menaruh dana kita di tempat yang dinilai aman. Artinya, tidak membuat kita susah tidur karena kekhawatiran uang kita akan amblas di tempat investasi.

"Kita perlu memadupadankan, dan lihat profil risiko, berani rugi nggak, berani ambil risiko nggak. Kalau kita takut rugi dan sulit tidur, itu artinya harus ambil yang konservatif. Investasi yang baik itu, saat dana kita investasikan, kita bisa tidur nyenyak. Jadi, sesuaikan dengan yang siap kita tanggung," imbuh Edbert.

(drk/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed