Follow detikFinance
Minggu 11 Jun 2017, 02:02 WIB

Tips Memilih Manajer Investasi untuk Kelola Reksa Dana

Tung Desem Waringin - detikFinance
Tips Memilih Manajer Investasi untuk Kelola Reksa Dana Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebelum Anda berinvestasi dalam bidang reksa dana, pastikan terlebihi dahulu Anda memilih manajer investasi mana bisa Anda percaya untuk mengelola uang Anda.

Jangan tergiur dahulu dengan hasil return yang ditawarkan pada Anda, cek latar belakang manajer investasi tersebut, apakah sudah terverifikasi oleh pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum terdaftar.

Berikut cara memilih manajer investasi yang tepat sebelum berinvestasi di reksa dana :

1. Lihat track record manajer investasi tersebut
Periksa latar belakang dan pengalaman manajer investasi tersebut, apabila track record nya baik maka kemungkinan kerugiannya kecil. Anda bisa cek latar belakang manajer investasi tersebut di prospectus reksa dananya.

2. Perizinan yang legal
Saat Anda ingin berinvestasi kedalam bentuk reksa dana, cek dahulu perijinan yang dimiliki manajer investasi tersebut. Apakah OJK dan Bapepam-LK sudah melegalkan ijin daripada manajer investasi tersebut, kemudian cek lah keabsahan perijinan tersebut.

3. Melakukan pengecekan pada OJK dan Bapepam-LK
Anda bisa mengecek data di prospektus reksa dana tersebut di website resmi OJK dan Bapepam-LK. Dalam website tersebut terdapat data – data manajer investasi yang tercatat melakukan pelanggaran . Sehingga Anda bisa terhindar dari manajer investasi 'nakal'.

4. Transparansi Biaya
Masing – masing manajer investasi menetapkan biaya yang berbeda – beda. Agar investasi Anda aman pilihlah manajer investasi yang memberikan tarif dengan transparan.

Berikut adalah 4 cara untuk memilih manajer investasi yang aman. Sebelum berinvestasi reksa dana hendaklah memilih manajer investasi

Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya Ditahun 2017? Download Sekarang Juga "61 Cara Menjadi Kaya by Tung DW dan Robert T.Kiyosaki" seharga Rp 997.000. Khusus Untuk 100 Orang Pembaca detikFinance Hari Ini, Saya Beri GRATIS, Klik di Sini Untuk Download. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed