Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 19 Jul 2019 11:26 WIB

Cara Beli Reksa Dana Khusus untuk Dermawan

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: iStock Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta - Hari ini produk reksadana Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund resmi diluncurkan. Produk punya PT Principal Asset Management itu merupakan reksadana pendapatan tetap bertema sosial pertama di Indonesia.

CEO Principal Indonesia Agung Budiono yakin produknya akan diterima oleh masyarakat. Dia yakin ada banyak orang dermawan di Indonesia.

"Kami melihat potensi dana yang diperoleh setelahnya akan meningkat, karena adanya awareness dari masyarakat," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Reksadana ini merupakan reksadana pendapatan tetap. Sebesar 80% reksadana ini akan ditempatkan pada obligasi pemerintah dan obligasi korporasi. Sisanya sebesar 20% ditempatkan pada ekuitas berdenominasi rupiah dan atau instrumen pasar uang.

Namun untuk membeli reksadana ini tidaklah murah. Minimum pembelian reksadana dalam bentuk rupiah ini adalah Rp 50 juta dan investasi tambahannya minimum juga Rp 50 juta.



Setelah membeli investor dapat memilih untuk menyumbangkan pengembalian investasi mereka ke yayasan sosial pilihan mereka melalui skema endowment berjenjang.

Investor tingkat perak dapat menyumbang 100% dari pengembalian investasi dan pembagian biaya manajemen. Sementara investor tingkat emas dapat menyumbangkan 100% dari modal mereka, 100% dari pengembalian investasi mereka, serta pembagian biaya manajemen.

Reksadana ini merupakan reksadana tematik pendapatan tetap pertama di Asia Tenggara. Berinvestasi di reksadana ini sekaligus berkontribusi terhadap sumbangan sosial dan lingkungan.

Saat ini Principal memiliki 7 penerima manfaat dari lembaga sosial. Di antaranya doctorSHARE, Rachel House, Roslin Ophanage, Habitat for Humanity Indonesia, DifaSuksesMandiri, Torajamelo dan Save the Children Indonesia.


Cara Beli Reksa Dana Khusus untuk Dermawan




Simak Video "Hati-hati Investasi Ilusi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com