Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Des 2019 06:03 WIB

Pilah-pilih Investasi Paling Untung di 2020

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Resolusi investasi sudah harus disiapkan untuk tahun depan supaya cuan.

Kira-kira jenis investasi apa ya yang bisa dilakukan tahun depan?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengungkapkan instrumen investasi memiliki jenis yang beragam. Namun ada instrumen yang menyita perhatian.

"Ada yang baru tumbuh dan berkembang dan menarik perhatian adalah peer to peer lending dan equity crowdfunding yang keduanya berbasis fintech," kata Andy saat dihubungi detikcom, Rabu (25/12/2019).

Dia mengungkapkan, sebelum berinvestasi di peer to peer lending ini pastikan legalitas dari perusahaan tersebut. "Jika mau investasi di P2P ini harus juga mempelajari risikonya, apa saja yang akan dihadapi, agar mendapatkan keuntungan," jelas dia.

Selain itu, investasi apa lagi yang bakal cuan di 2020?

Selain P2P, investasi di instrumen emas atau logam mulia juga bisa menjadi pilihan. Meskipun pertumbuhannya memang tidak terlalu kencang jika dibandingkan dengan investasi di pasar saham atau reksa dana.

Tapi emas merupakan instrumen yang stabil. "Kalau mau investasi emas atau logam mulia itu estimasikan dapat untung setelah minimal satu tahun," imbuh Andy.

Investasi di sektor properti saat ini juga masih menjanjikan. Apalagi dengan adanya properti di segmen menengah ke bawah, sehingga investasi ini tak hanya dikuasai oleh kelas atas dengan rumah mewah.

"Karena bagi kelas ekonomi seperti itu, kebutuhan property adalah untuk rumah pertama yang harus dipenuhi, sehingga pasarnya akan selalu ada," jelas dia.

Investasi jangan cuma ambil untung, tapi perhatikan hal-hal ini juga. Selengkapnya di halaman berikutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com