Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Mar 2020 18:58 WIB

Beli Saham yang Sama Hasilnya Bisa Beda, Kok Bisa?

Ellen May - detikFinance
Pengamat Pasar Saham, Ellen May Ellen May/Foto: Istimewa
Jakarta -

Berinvestasi di pasar modal bisa saja saling 'menyontek', misalnya investor A dan B membeli saham yang sama persis dengan posisi harga beli dan target posisi jual yang sama. Tapi bukan berarti kedua investor itu akan mendapatkan keuntungan yang sama, atau bahkan bernasib berbeda.

Praktisi Saham dari May Institute, Ellen May mengatakan, hal itu sering terjadi di dunia pasar modal. Bahkan terkadang menimbulkan kecurigaan antar investor yang saling 'menyontek' itu.

Menurut Ellen yang sering terjadi adalah, mereka 'menyontek' saham, posisi harga beli hingga harga jual. Tapi sebenarnya yang menentukan hasil investasi di saham adalah positioning sizing.

"Position sizing, alias berapa banyak nominal yang kita gunakan untuk beli tiap saham, merupakan bagian dari money & risk management," terangnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Positioning sizing menurutnya sangatlah penting. Dia memberi contoh dua investor memiliki modal yang sama dengan membeli saham yang sama di harga yang sama dan posisi jual yang sama dalam periode beli yang sama.


Namun keduanya berbeda saat menentukan besaran jumlah saham yang dibeli. Misalnya investor A konsisten membeli saham tersebut, sementara investor B membeli dalam saham yang sama dalam jumlah yang berbeda-beda.

Nah setiap saham tentunya memiliki pola pergerakan yang berbeda. Bisa saja si investor B membeli saham yang sama itu dengan jumlah yang sedikit tapi ternyata kenaikannya saat itu cukup tinggi, ataupun sebaliknya.

"Jadi, nampak jelas bahwa perbedaan nominal beli menimbulkan perbedaan yang sangat besar pada hasil akhir. Ahmad membeli dengan nominal yang sama, sedangkan Budi membeli dengan porsi berbeda-beda berdasarkan feeling atau perasaan saja," kata Ellen.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com