Kamu dan Tipe Pengelolaan Uang Kamu (2)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Kamis, 04 Jun 2020 08:00 WIB
tourist budget for holidays in Indonesia. favorable exchange rates for the dollar to Indonesian rupees.
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam hubungannya dengan uang dan perencanaan hidup, setiap orang ternyata punya tipe yang berbeda-beda ketika berhubungan dengan cara pengelolaan keuangan mereka. Itulah sebabnya tidak heran bila kita bisa menjumpai orang yang bisa berhemat, menabung dan berinvestasi, sementara ada orang lain yang hanya cita-cita saja bisa menabung dan tidak pernah bisa terlaksana meskipun sudah berusaha mati-matian.

Atau mungkin saja belum berusaha mati-matian tapi selalu ada saja jalan bagi orang ini untuk membelanjakan uangnya sehingga tidak bisa disimpan, tabung ataupun investasi. Ada orang yang termasuk tipe penakut dan pelindung ketika bicara masalah keuangan mereka.

Dalam satu hal tipe lindung akan sangat bagus karena berarti mereka bisa menabung dan lindungi uang mereka dari pemakaian yang tidak berguna. Tapi disisi lain bagi yang penakut justru belum tentu bagus karena mereka justru sangat takut dan tidak percaya sama sekali pada produk keuangan. Yang berakibat uang mereka tidak bisa berkembang sama sekali.

Selanjutnya mari kita bahas tipe pengelolaan keuangan seperti apa lagi sih yang ada?

Hidup Dibawa Enjoy Aja

Bila anda tipe seperti ini maka anda cenderung akan menikmati hidup anda dan keseharian anda. Hidup terasa lepas dan bisa dinikmati. Anda tidak berfikir ketika harus mengeluarkan uang. Kebanyakan tipe seperti ini akan ikut arus teman-temannya. Ketika teman belanja maka bisa jadi tipe inipun juga ikutan belanja alias ikut arus. Hal positif dari tipe ini adalah mereka juga bisa menyimpan sebagian uang mereka meksipun pada akhirnya sering kali terpakai lagi.

Tipe pengelolaan keuangan seperti ini biasanya tidak bisa bilang tidak pada seseorang atau pada suatu penawaran. Beruntungnya tipe seperti ini selalu saja punya rejeki yang bisa dipakai. Mereka cenderung menggunakan uang untuk kenikmatan hidup mereka. Tipe seperti ini juga relative "pelit" untuk berbagi dengan orang lain karena mereka menikmati uang mereka untuk diri mereka sendiri, meskipun belum tentu berlebihan.

Perencana

Tipe pengelolaan keuangan Perencana adalah tipe yang suka dengan keteraturan dan kerapihan. Semua hal dalam kehidupannya dibuat berdasarkan rencana, termasuk
pengelolaan keuangan yang baik dan benar. Mereka sangat pintar menabung dan berinvestasi dan sangat bisa memaksimalkan dan menggunakan produk keuangna sesuai dengan fungsinya.

Terkadang tipe ini juga tidak terlalu fleksibel dalam kehidupan mereka yang harus selalu direncanakan akan tetapi mereka tetap bisa diandalkan oleh teman-teman dan keluarga, terutama urusan uang.

Berlanjut di halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tiga Pelaku Ini Cetak Uang Palsu hingga Rp 11 Juta"
[Gambas:Video 20detik]