Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance
Senin, 15 Jun 2015 07:23 WIB

Untuk Para Karyawan, Ini Peluang Bisnis Sampingan

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Jakarta - Pertanyaan: Saya ingin merintis usaha untuk sampingan, karena kami ingin tetap bekerja yang utama saat ini. Apa yang bisa saya rintis saat ini dan bisa dikerjakan orang lain dulu, tetapi kami juga ingin membantu setelah pulang kerja.

Terima kasih (Suroto)

Jawaban:
Halo Pak Suroto. Terima kasih atas pertanyaannya.

Di tahun 2015 ini semakin banyak peluang bisnis yang dapat Anda ciptakan dan jalani. Terutama bagi Anda yang saat ini menginginkan penghasilan tambahan di luar dari penghasilan rutin Anda dari kantor, bisnis sampingan memang selalu menjadi pilihan. Seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi di kalangan masyarakat, di situ dapat tercipta pula peluang bisnis.

Bagi Anda yang masih bekerja, maka langkah terbaik dalam memiliki bisnis adalah menjadi investor yang menanamkan modal. Sedangkan bisnis dijalankan oleh pihak lain. Sehingga, Anda tidak mengurus langsung manajemen bisnis, tetapi hanya mengharapkan pembagian keuntungan secara berkala. Dengan demikian, pemilihan bentuk bisnis juga harus dipikirkan dengan baik agar tidak bergantung pada keahlian Anda untuk mencapai kesuksesan.

Jenis peluang bisnis sampingan yang bisa menjadi pilihan dan juga menguntungkan bagi Anda yang masih karyawan bisa beragam. Namun, setidaknya untuk pemula, Anda dapat memilih modelnya di antara dua opsi ini:


1. Franchise (Warabala)
Bisnis ini yang paling banyak dilirik oleh pemilik modal yang ingin manajemen dan bentuk usaha yang sudah stabil. Konsep bisnis waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi kurang berpengalaman dalam membangun bisnisnya sendiri, untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan.

Bisnis waralaba ini juga sudah dilengkapi dengan manajemen dan tenaga penjual yang siap membantu si penerima waralaba (franchisee) dalam menjalankan usahanya. Jenis waralaba yang sedang berkembang saat ini adalah waralaba makanan/minuman, laundry & jasa kebersihan, kesehatan & kecantikan, dan jasa pendidikan & pelatihan.

2. Bisnis Online
Beberapa jenis bisnis penjualan barang dapat dilakukan secara online. Model bisnis ini tergolong tidak padat aset dan juga mampu meraup pasar yang sangat luas. Bisnis online ini bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja, bahkan dengan menggunakan smartphone juga bisa. Hal yang paling penting yaitu adanya sambungan atau koneksi internet. Jenis bisnis yang bisa dijalani secara online di antaranya adalah ticketing, penjualan pulsa elektronik, fashion online (baju, tas, sepatu), jasa pesan antar makanan, dan masih banyak lagi. Bisnis online ini sangat mengutamakan kepercayaan, eksistensi, pelayanan, dan kualitas.

Dari kedua macam bisnis sampingan yang sudah dijelaskan di atas, semoga Anda bisa memilih dan mendapat pandangan terhadap bisnis apa yang sesuai dengan modal dan kemampuan Anda. Kedua bisnis tersebut terbukti yang paling sering dijalani bagi banyak orang yang masih karyawan namun ingin berbisnis sampingan juga. Selamat berbisnis. Live a Beautiful Life!

(dnl/dnl)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed