Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Apr 2018 07:37 WIB

Awas, Jangan Pakai Kartu Kredit untuk 4 Hal Ini!

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Anda punya kartu kredit? Keberadaan kartu kredit akan memudahkan kita dalam bertransaksi untuk membayar pengeluaran. Namun jika tidak bijaksana, maka akan membuat Anda terjebak dalam utang kartu kredit.

Agar Anda tidak terjebak dalam utang kartu kredit, jangan pernah mempergunakannya untuk 4 hal ini:

1. Sumber Penghasilan untuk Dana darurat
Kartu kredit bukanlah dana darurat, atau dana tambahan yang bisa digunakan untuk keperluan mendesak. Menggesek kartu kredit artinya menambah utang.

2. Membayar uang sekolah anak
Saat ini, banyak sekolah yang memanfaatkan fasilitas pengadaan mesin EDC dengan tujuan mempermudah orang tua dalam pembayaran uang sekolah anak. Namun, bukan berarti Anda boleh membayar uang sekolah anak dengan kartu kredit.

Jika tidak dibayar lunas saat tagihan datang, maka akan membuat Anda berutang lebih banyak. Apalagi jika menghitung biaya bunga yang dibebankan.


3. Membayar zakat, infaq dan sadaqah
Penggunaan sarana pinjaman untuk membayar zakat, infaq dan sadaqah terasa kurang bijaksana. Anda sebaiknya menyisihkan sedikitnya 2,5% dari penghasilan kita dengan cara mengambil dari dana gaji di rekening tabungan.

4. Belanja bulanan
Ada bahaya mengintai jika Anda menggunakan kartu kredit untuk belanja bulanan. Selain umumnya menjadi kurang terkontrol karena merasa bebas akan limit dari kartu kredit yang diberikan, juga banyak hal lain.

Kebiasaan ini akan memicu terjadinya bocor halus, seperti membeli cemilan yang tidak perlu dan barang belanjaan lain akibat masih tersisa limit kartu kredit. Dan yang lebih buruk lagi, jika Anda lupa membayar tagihan belanja bulanan ini, maka akan dikenakan bunga yang tidak sedikit.

Biasakan punya anggaran atau pos-pos pengeluaran bulanan yang memang rutin dilakukan. Gunakan kartu kredit dengan bijak. Ingatlah bahwa kartu kredit adalah kartu utang, bukan dana cadangan.

Live a Beautiful Life!

(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed