Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Agu 2018 07:36 WIB

Ingin Memulai Bisnis Tapi Takut Gagal, Ini Tipsnya

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Saya takut, bingung, mau rencana kegiatan apa yang cukup untuk keuangan. Ingin mengubah profesi di hari tua.

Satu tahun ini, baru beli rumah saat ini dikontrakkan ke orang usaha laundry. Saya mau coba usaha bingung, karena pernah coba buat warung agen sembako tidak balik modal dikelola istri.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Sebelum memulai usaha, kita sebaiknya melakukan pembenahan atas tata pengaturan pos pengeluaran rumah tangga. Sehingga, kita paham berapa target keuntungan yang dibutuhkan setiap bulannya dari usaha yang kita miliki.

Misalnya, jika rumah tangga butuh biaya Rp 3 juta tiap bulan, maka kita butuh usaha yang bisa memberikan keuntungan setidaknya Rp 3 juta tiap bulan. Pahami, keuntungan usaha adalah omzet dikurangi Biaya.

Bersamaan dengan memulai usaha, ada baiknya Anda juga mempersiapkan dana darurat untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan tak terduga dalam rumah tangga. Dalam hal modal usaha, memang risikonya adalah tidak kembali bilamana usaha gagal.

Apabila Anda menginginkan jenis investasi yang tidak memiliki risiko tidak balik modal sebesar punya usaha, maka Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari portofolio aset investasi.

Mulailah berinvestasi terlebih dahulu dari modal yang sangat kecil misal ke reksa dana atau saham untuk tujuan jangka panjang. Lakukan hal ini sampai modal untuk usaha ke depan bisa terpenuhi
tanpa mengganggu uang belanja dapur.


Saksikan juga video 'Tips Sukses Berbisnis ala Gibran Rakabuming':

[Gambas:Video 20detik]

Ingin Memulai Bisnis Tapi Takut Gagal, Ini Tipsnya
(ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed