Konsultasi Perencanaan Keuangan

img_list
Prita Ghozie CEO & Founder ZAP finance Financial & Business Planner (CFP)
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Nov 2018 07:19 WIB

Modal Rp 1 Juta Ingin Nabung Saham, Bisa Dibantu?

Prita Hapsari Ghozie - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pertanyaan dari pembaca: Hai saya baru mau mulai menabung saham alias pemula. Kira-kira bagaimana ya memilih perusahaan sekuritas jika modal saya hanya Rp 1 juta lebih? Mohon bantuannya.

Jawaban:

Dear Ibu Filita,

Menjadi investor di pasar modal tidak memerlukan keahlian khusus selama orientasinya adalah jangka panjang. Saya sarankan Anda mempelajari analisa fundamental secara sederhana sebelum membeli saham.

Dalam hal pemilihan perusahaan sekuritas, Anda bisa browsing beberapa perusahaan yang dapat menampung dana awal minimal Rp 1 juta. Namun, saya sarankan setelahnya Anda berupaya untuk menambah terus aset investasi Anda.

Ada beberapa alternatif untuk mengikuti pelatihan di pasar modal:
1. Bursa Efek Indonesia mengadakan program pelatihan saham yang gratis, atau berbayar sebesar
Rp 100.000 tapi uangnya nanti akan dikonversi ke dalam rekening efek, sehingga sudah bisa dipergunakan untuk melakukan transaksi jual-beli saham.

2. Belajar di pelatihan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas. Tentu saja syaratnya Anda menjadi investor atau membuka akun di perusahaan tersebut.

3. Tahun 2019, @zapfinance juga akan mulai membuka kelas investasi untuk pemula yang dapat bermanfaat untuk Anda yang berminat mulai menabung saham dengan harga terjangkau. Tunggu informasinya di http://www.zapfinance.co.id (ang/ang)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar perencanaan keuangan, properti dan UKM.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed