Follow detikFinance
Kamis 18 Jan 2018, 11:56 WIB

Bukan Rumah Tapak, Program DP Rp 0 Jadinya Rusun

Muhammad Fida Ul Haq - detikFinance
Bukan Rumah Tapak, Program DP Rp 0 Jadinya Rusun Foto: Muhammad Fida ul Haq/detikcom
Jakarta - Program rumah Down Payment (DP) Rp 0 yang diusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan wakilnya, Sandiaga Uno, akhirnya dimulai. Bentuk rumahnya berubah dari janji kampanye.

Pada saat kampanye dulu, Anies menekankan program DP Rp 0 ini akan berbentuk rumah tapak di tengah kota Jakarta. Namun belakangan Anies merevisi rencananya menjadi rumah lapis.

Namun pada saat groundbreaking di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Program DP Rp 0 ini berubah lagi menjadi rusun (rusun).

"Program ini kita akan laksanakan untuk warga memiliki rumah. Kriterianya adalah rumah susun sederhana milik (rusunami) dan kita ingin agar mereka yang tinggal di Jakarta hak asasinya terpenuhi. Karena salah satunya adalah rumah tinggal," kata Anies dalam pidatonya di lokasi, Kamis (18/1/2018).

[Gambas:Video 20detik]

Menurut Anies, saat ini masih banyak warga Jakarta yang belum punya rumah sendiri. Anies berharap program ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat Jakarta.

"Di Jakarta banyak yang punya sandang pangan minus papan. Papannya nggak ada. Papanmya kredit, kontrak. Program ini diharapkan bisa fasilitasi semua punya rumah," jelasnya.

"Ini penting membereskan ketimpangan di Jakarta. Kalau ditanya, kota mana yang harga tanahnya mengalami apresiasi tinggi? Jakarta. Di kota-kota mana yang bangunan rumahnya mengalami apresiasi tinggi? Jakarta," ujarnya.

Ingin tahu seperti apa konsep rumah lapis Anies Sandi? Bisa baca di berita ini.

Baca Juga: Perbedaan Rumah Susun dan Rumah Lapis, Ini Penjelasan Sandiaga

Baca Juga: Anies soal Rumah Berlapis: Konsepnya Rumah Susun

Baca Juga: Sandiaga Jelaskan Tentang Konsep Program Rumah Berlapis (ang/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed