Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Mar 2011 08:50 WIB

PHRI: Tak Ada Istilah Hotel Bintang 6

- detikFinance
Jakarta - Pemilik Para Grup, Chairul Tanjung berambisi membangun berambisi hotel berbintang 6. Namun nyatanya, klasifikasi hotel berbintang 6 itu tidak dikenal karena hotel paling bergengsi dan mewah hanya sampai bintang 5.

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menegaskan dalam klasifikasi layanan dan fasilitas hotel dimana pun tak pernah dikenal istilah hotel bintang 6. Sampai saat ini hanya dikenal kelas hotel tertinggi adalah hotel bintang 5 sebagai simbol hotel bergengsi dan mewah.

"Saya sendiri belum pernah dengar hotel bintang 6, yang ada hotel 5 berlian yaitu katagori rata-rata sedikit lebih dari hotel bintang 5 yang ada. Setahu saya nggak ada hotel bintang 6," kata Wakil Ketua Umum PHRI Johnnie Sugiarto kepada detikFinance, Senin malam (14/3/2011).

Meskipun ia mengakui banyak  para pemilik hotel 5 berlian, yang sering memposisikan hotel miliknya sebagai hotel 'bintang 6'. Biasanya spesifikasi hotel bintang 5 dan hotel 5 berlian hanya beda-beda tipis. Ia mencontohkan jika hotel bintang 5 memiliki luas kamar hanya 40 m2, sementara hotel 5 berlian mencapai 50 m2 dengan fasilitas dan peralatan lebih mewah.

Untuk urusan tarif kamar, biasanya untuk jenis hotel bintang 5 atau 5 berlian sangat tergantung sang pemilik hotel yang menentukan. Namun kata dia, selama ini untuk tarif hotel bintang 5 di Indonesia mulai dari US$ 500 sampai US$ 3.000 per malam.

"Saya dengar Boutique Hotel di Bali sampai US$ 8.000 suite room, saya sendiri belum lihat seperti apa," katanya

Sebelumnya pemilik Para Grup Chairul Tanjung menyatakan akan membangun hotel bintang 6 pertama di Indonesia berlokasi di Theme Park Bandung. Chairul mengaku sampai merogoh Rp 2 triliun untuk membangun hotel ini dan fasilitas theme park termasuk mal dan satu hotel ibis terbesar di dunia.

"Di dalam Theme Park ada mal, mal yang paling besar di Bandung, theme park Bandung ini besarnya dua kali yang di Makassar, dan ada dua hotel. Pertama hotel bintang 6 pertama di Indonesia namanya Trans Hotel, operatornya trans sendiri," katanya kemarin.




(hen/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed