Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Apr 2011 12:19 WIB

Bangun Rumah Tipe 36 Pakai Baja Ringan Cuma Rp 25 Juta

- detikFinance
Jakarta - Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan rumah dengan konstruksi baja ringan lebih murah. Untuk rumah sederhana tipe 36 biaya bangunannya bisa cuma Rp 25 juta.

"Pembangunan rumah dengan menggunakan konstruksi baja ringan dan sistem knock down dengan biaya murah merupakan inovasi baru dalam pembangunan rumah sejahtera tapak ke depan," kata Suharso seperti dikutip dari situs Kemenpera, Sabtu (9/4/2011).

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Banten ini Suharso berkesempatan meninjau contoh rumah sehat sederhana yang dibangun menggunakan bahan baku baja ringan dan meninjau pabrik baja PT Cipta Niaga Internasional di Cilegon serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sejahtera tapak di Perumahan Taman Graha Asri, Serang, Provinsi Banten.

Suharso dalam pidatonya mengutarakan pembangunan rumah dengan menggunakan bahan baku baja ringan dengan sistem knock down yang hanya memakan waktu singkat dan hanya memerlukan tenaga sekitar 6 orang untuk membangunnya ini diharapkan dapat melibatkan partisipasi dari penghuninya, sehingga diharapkan ke depan masyarakat dapat berinovasi sendiri karena mengerti betul struktur pembangunan rumahnya.

Contoh rumah sehat sederhana tipe 36 yang dibangun menggunakan bahan baku baja ringan tersebut, menurut PT Cipta Niaga Internasional hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 25 juta untuk bangunannya. Hal ini terbilang murah dikarenakan bahan baku baja ringan adalah hasil produksi sendiri tambah pihak PT Cipta Niaga Internasional.

Sementara itu Iyus Yusuf Suptandar, Direktur Utama PT Graha Serang Asri mengatakan akan membangun rumah sejahtera tapak sebanyak 1.200 unit di atas tanah seluas 12 hektar.

Ke depan Menpera juga berharap pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dapat dioptimalkan di tengah kota sehingga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah tersebut dapat lebih maksimal dalam mendapatkan pelayanan publik.

(dnl/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com