Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jul 2013 18:38 WIB

Seluk Beluk Menara Saidah

Berapa Anggaran untuk Membangun Menara Saidah?

- detikFinance
Jakarta - Menara Saidah dibangun pada tahun 1995-1998 oleh BUMN karya PT Hutama Karya (HK). Nilai proyek untuk membangun menara bergaya Romawi ini diperkirakan mencapai Rp 50 miliar pada waktu itu.

Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Ary Widiantoro mengatakan tak tahu persis angka pasti nilai proyek Menara Saidah saat digarap oleh HK. Ia beralasan menara tersebut telah dibangun belasan tahun yang lalu. Namun Ary memperikirakan untuk membangun Menara Saidah mencapai kurang lebih Rp 50 miliar.

"Kalau nggak salah itu Rp 50 miliar, kalau nggak salah ya, saya nggak jelas detailnya karena itu sekitar 15 tahun yang lalu," kata Ary kepada detikFinance, Senin (29/7/2013).

PT Hutama Karya menggandeng mitra perusahaan konstruksi swasta yakni Adji Satria untuk menyelesaikan proyek miliaran tersebut. Perseroan mengakui proyek Menara Saida merupakan proyek gedung pencakar langit pertama yang digarap oleh HK.

"Kita joint venture dengan Adji Satria, itu swasta. Itu rasanya dulu, sekitar 15 tahun lalu," katanya.

Pada waktu itu, pembangunan Menara Saidah pun memerlukan waktu antara 2-3 tahun.

Menara Saidah yang berdiri di Jalan MT Haryono ini kini tak berpenghuni. Diperkirakan sudah sekitar 4 tahun lebih gedung ini kosong tak ada yang menempati karena beberapa faktor termasuk soal manajemen yang buruk.

(zul/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com